Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:43 WIB | Selasa, 18 Januari 2022

Afghanistan: Gempa Bumi, Puluhan Tewas dan Ratusan Rumah Rusak

Pemandangan umum kota Kabul terlihat dari atas bukit di bukit Wazir Akbar Khan di Kabul pada 10 Januari 2022. (Foto: dok. AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi berkekuatan 5,6 mengguncang Afghanistan barat pada hari Senin (17/1), menewaskan lebih dari 20 orang dan menghancurkan ratusan rumah, kata pihak berwenang setempat.

Gempa berkekuatan 5,6 mengguncang Provinsi Badghis, berbatasan dengan Turkmenistan, pada sore hari, menghancurkan rumah bata menjadi puing-puing, menurut foto yang dibagikan oleh otoritas setempat.

“Sayangnya, laporan awal kami menunjukkan bahwa 22 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, telah tewas dan empat lainnya terluka,” kata Baz Mohammad Sarwari, direktur Informasi dan Kebudayaan pemerintah Provinsi Badghis.

“Mujahidin telah mencapai beberapa daerah yang terkena dampak, tetapi Badghis adalah provinsi pegunungan, jumlah korban mungkin meningkat,” tambahnya, mengacu pada pejuang Taliban, dan menambahkan bahwa hujan lebat juga melanda daerah tersebut.

Mullah Janan Saeqe, kepala Pusat Operasi Darurat Kementerian Negara Urusan Darurat, membenarkan jumlah korban tewas dan mengatakan lebih dari 700 rumah rusak.

Sanullah Sabit, kepala unit perawatan di rumah sakit utama di ibukota Badghis mengatakan mereka telah menerima lima pasien yang terluka akibat gempa, kebanyakan dengan patah tulang dan patah tulang.

Gempa itu berada pada kedalaman 30 kilometer, menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home