Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 08:32 WIB | Minggu, 29 November 2020

Aktres Cher di Pakistan untuk Kepindahan “Gajah Paling Kesepian di Dunia”

Amir Khalil, seorang dokter hewan dari organisasi kesejahteraan hewan internasional "Four Paws" menghibur gajah bernama "Kaavan" selama pemeriksaannya di Kebun Binatang Maragzar di Islamabad, Pakistan. (Foto: dok. AP)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Penyanyi dan aktris ikonik, Cher, berada di Pakistan untuk merayakan kepergian Kaavan, yang dijuluki "gajah paling kesepian di dunia", yang akan segera meninggalkan kebun binatang Pakistan untuk kondisi yang lebih baik setelah bertahun-tahun dilobi oleh kelompok dan aktivis hak-hak hewan.

Karena masalah keamanan, jadwal Cher tidak dipublikasikan. Namun, dia bertemu pada hari Jumat (27/11) dengan Perdana Menteri Imran Khan dan diharapkan untuk mengunjungi Kaavan nanti dalam perjalanan tersebut, menurut kantor perdana menteri. Kantor Khan merilis video penyanyi tersebut duduk dengan perdana menteri di luar di halaman luas kediaman Khan.

Kaavan berangkat ke tempat perlindungan di Kamboja pada hari Minggu (29/11), kata Martin Bauer, juru bicara Four Paws International, kelompok kesejahteraan hewan global yang memimpin tugas untuk menyelamatkan Kaavan sejak 2016.

Hewan itu telah mendekam di kebun binatang selama 35 tahun, sebagian besar tahun-tahun itu dia dirantai, dan kehilangan pasangannya pada tahun 2012. Dia mati setelah infeksi berubah menjadi gangren dan tubuhnya terbaring di samping Kaavan selama beberapa hari sebelum dipindahkan, kata Dr. Amir Khalil, dokter hewan dengan Four Paws. Khalil mengatakan Kaavan patah hati setelah pasangannya mati.

Aktivis menjuluki Kaavan sebagai "gajah paling kesepian di dunia" setelah penderitaannya mendapat perhatian internasional, dan gajah yang tidak bahagia itu didiagnosis mengalami kerusakan fisik dan emosional.

Khalil telah merawat banyak luka dan penyakit gajah selama tiga bulan terakhir. Kaavan telah didiagnosis oleh dokter hewan karena kelebihan berat badan dan kekurangan gizi, dan juga menderita masalah perilaku akibat isolasi.

Perjuangan Cher dan Four Paws

Cher mengambil alih perjuangan Kaavan dan telah menjadi suara yang lantang yang mengadvokasi pemindahannya. Four Paws yang sering melakukan misi penyelamatan hewan akan menemani Kaavan ke tempat perlindungan.

Dalam tweet setelah pertemuannya dengan Perdana Menteri Pakistan, Cher mengatakan dia berterima kasih kepada Khan "karena memungkinkan saya membawa Kaavan ke Kamboja." Tweetnya menyebutkan dia membuat film dokumenter tentang Kaavan dan berharap, "akan menghangatkan hatinya."

Di Kamboja, Kaavan akan membutuhkan bantuan fisik dan bahkan psikologis selama bertahun-tahun, kata Bauer. Karena kondisi kehidupan yang buruk yang disebabkan oleh kelalaian sistemik, pengadilan tinggi Pakistan pada bulan Mei memerintahkan penutupan Kebun Binatang Marghazar di ibu kota Islamabad, tempat Kaavan tinggal selama sebagian besar hidupnya.

Pemeriksaan medis pada bulan September menunjukkan kuku Kaavan retak dan tumbuh terlalu tinggi, akibat bertahun-tahun tinggal di kandang yang tidak layak dengan lantai yang merusak kakinya.

Gajah itu juga telah mengembangkan perilaku termasuk menggelengkan kepala selama berjam-jam, yang menurut tim medis dokter hewan dan ahli satwa liar sebagai penyebab kebosanannya.

Selama tiga bulan terakhir, tim Four Paws termasuk dokter hewan Khalil dan Dewan Manajemen Margasatwa Islamabad telah mempersiapkan Kaavan untuk pergi.

Khalil pertama kali bertemu Kaavan pada tahun 2016 dan kembali ke kebun binatang pada bulan Agustus, di mana dia sedih dengan kondisi hewan tersebut. Khalil telah menghabiskan tiga bulan terakhir mencoba membuatnya siap untuk perjalanannya ke Kamboja.

Persiapan ke Kamboja

Kaavan menjalani diet buah dan sayuran dan telah kehilangan setengah ton (450 kilogram) berat badannya, katanya. Sebelumnya, Kaavan mengonsumsi 250 kilogram (550 pon) tebu murni setiap hari, dengan sesekali makan buah dan sayur.

Dokter hewan mengatakan ini adalah pertama kalinya dalam 30 tahun dia mengembangkan ikatan emosional yang kuat dengan hewan penyelamat. Sekarang, "gajah paling kesepian di dunia" datang dengan lamban ketika dia mendengar suara Khalil.”

"Saya selalu bergerak, jadi jangan pernah membiarkan diri saya mengembangkan keterikatan emosional," tetapi dengan Kaavan dia tidak bisa menolak, kata Khalil. Dia mengatakan dia telah memanjakan dan melindunginya selama tiga bulan terakhir, membujuknya untuk menurunkan berat badan serta mengurangi kegelisahan dan lebih rileks sehingga dia dapat melakukan perjalanan ke Kamboja.

Khalil mengatakan ada banyak gajah di tempat perlindungan, tetapi khususnya tiga gajah betina sedang menunggu kedatangan Kaavan. Khalil bercanda bahwa Kaavan mungkin akan menemukan pacar di sana.

Bauer memuji pengaruh kuat suara selebriti terhadap hak-hak hewan. “Selebriti yang menyuarakan suaranya untuk tujuan baik selalu disambut baik, karena mereka membantu memulai wacana publik dan meningkatkan tekanan pada otoritas yang bertanggung jawab,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home