Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 04:18 WIB | Kamis, 08 Juni 2023

Ambon Jadikan Percontohan Dua Desa Wisata

Transportasi perahu layar dan akses Jembatan Merah Putih yang menghubungkan dua Desa Wisata di Kota Ambon yakni Desa Galala dan Poka. ANTARA

AMBON, SATUHARAPAN.COM - Dua desa mandiri di Kota Ambon yakni Poka di Kecamatan Teluk Ambon dan Galala di Kecamatan Sirimau, ditetapkan menjadi percontohan Desa Wisata di Kota Ambon.

"Tahun 2023 ada dua desa yakni Poka dan Galala akan menjadi percontohan Desa Wisata bagi desa dan negeri lain di Kota Ambon," kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena di Ambon, Rabu (7/6).

Desa Poka katanya, ditetapkan sebagai desa cerdas perikanan yang telah diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait rencana pembangunan desa perikanan cerdas di Kota Ambon.

MOU yang dilakukan guna proses pembibitan, pendadaran, hingga pengolahan komoditas-komoditas unggulan seperti lobster, ikan kuwe, ikan kakap putih, dan ikan kerapu.

"Seluruh upaya dilakukan pemerintah Kota Ambon dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di dua desa tersebut," ujarnya.

Sementara itu Desa Galala akan terintegrasi dengan desa Poka sebagai pusat kuliner makanan khas Ambon dan desa atraksi budaya.

"Jadi pusat perikanan akan ada di Poka dan hasilnya akan diolah di Desa Galala sebagai pusat kuliner dan atraksi budaya, sehingga ketika ada wisatawan yang datang ke Ambon akan diarahkan untuk melihat komoditas unggulan perikanan dan menikmati kuliner serta atraksi budaya di ke dua desa tersebut," katanya.

Menurutnya Desa Poka dan Desa Galala sendiri memiliki lokasi yang strategis yakni terbentang melewati Jembatan Merah Putih (JMP) dan terletak di dalam kawasan Teluk Ambon, serta hasil laut yang bernilai ekonomis tinggi.

Desa Galala terkenal sebagai pusat penjualan ikan asar atau asap yang lezat dan kerap menjadi oleh-oleh para wisatawan, Desa ini mempunyai transportasi tradisional berupa perahu yang dikemudikan oleh warga untuk menyeberangi teluk Ambon yakni ke Desa Poka.

Bodewin berharap, dua desa tersebut dapat menjadi contoh bagi desa dan negeri lainnya di Kota Ambon untuk meningkatkan potensi dan pendapatan desa.

"Kita menargetkan ke depan akan ada 14 desa wisata di Kota Ambon yang dapat dikembangkan sehingga memberikan peningkatan pendapatan bagi desa," katanya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home