Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:41 WIB | Sabtu, 21 Januari 2023

Antisipasi Dampak Invasi Rusia, Prancis Akan Naikkan Belanja Pertahanan

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, kiri, tiba untuk meninjau pasukan sebelum pidato Tahun Baru kepada Angkatan Darat Prancis, Jumat, 20 Januari 2023 di pangkalan udara Mont-de-Marsan, Prancis barat daya. Presiden Emmanuel Macron diharapkan mengungkap visinya untuk memodernisasi militer di negaranya yang bersenjata nuklir, dengan mempertimbangkan dampak perang di Ukraina dan ancaman yang berkembang di seluruh dunia. (Foto: AP/Bob Edme/pool)

MONT-DE-MARSAN, SATUHARAPAN.COM - Presiden Prancis, Emmanuel Macron, pada hari Jumat (20/1) mengusulkan peningkatan substansial dalam pembelanjaan pertahanan hingga akhir dekade ini dan "transformasi" militer bersenjata nuklir Prancis untuk menghadapi ancaman yang berkembang dan mempertimbangkan dampak perang di Ukraina.

Macron mengumumkan proposal untuk pengeluaran militer 413 miliar euro untuk periode 2024-2030, untuk memastikan “kebebasan kita, keamanan kita, kemakmuran kita, tempat kita di dunia.”

Itu dibandingkan dengan pengeluaran sekitar 295 miliar euro dalam rencana militer serupa untuk 2019-2025.

Dia membuat pengumuman tersebut dalam pidatonya kepada personel militer yang membahas strategi pertahanan baru setelah perang Ukraina dan ancaman lainnya. Dia mencatat ancaman dari perang hibrida, meningkatnya serangan dunia maya pada infrastruktur kritis, dan berlanjutnya ancaman dari terorisme.

Rencana tersebut dimaksudkan untuk memperhitungkan konsekuensi perang di Ukraina, dan untuk meningkatkan pembelanjaan pertahanan di tahun-tahun mendatang guna memperkuat keamanan domestik Prancis dan kemampuan negara untuk beroperasi di luar negeri.

Macron juga menyerukan modernisasi persenjataan nuklir Prancis. Dia ingin strategi militer Prancis memperkuat peran negara itu sebagai kekuatan global yang mandiri.

Pidato pada hari Jumat disampaikan saat pejabat pertahanan dari Amerika Serikat dan sekutu bertemu di Ramstein, Jerman, untuk membahas bantuan lebih lanjut untuk Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home