Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:32 WIB | Senin, 14 Agustus 2023

Apa Yang Terjadi Setelah Dua Tahun Taliban Berkuasa di Afghanistan

Anggota bersenjata Taliban merayakan kembalinya kekuasaan mereka di Afghanistan di depan Kedubes AS di Kabul pada 15 Agustus 2022. (Foto: dok. AP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Taliban telah menetap diri sebagai penguasa Afghanistan, dua tahun setelah mereka merebut kekuasaan ketika pasukan Amerika Serikat dan NATO menarik diri dari negara itu setelah perang selama dua dekade.

Taliban tidak menghadapi oposisi signifikan yang dapat menggulingkan mereka. Mereka telah menghindari perpecahan internal dengan berada di belakang pemimpin mereka yang secara ideologis teguh.

Mereka telah mempertahankan ekonomi yang sedang berjuang, sebagian dengan mengadakan pembicaraan investasi dengan negara-negara regional yang kaya modal, bahkan ketika komunitas internasional menahan pengakuan formal.

Mereka telah meningkatkan keamanan dalam negeri melalui penumpasan terhadap kelompok bersenjata seperti ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah), dan mengatakan bahwa mereka memerangi korupsi dan produksi opium.

Tapi larangan mereka terhadap gadis dan perempuan Afghanistan mendominasi tahun kedua Taliban berkuasa. Mereka melarang mereka masuk ke taman, pusat kebugaran, universitas, dan pekerjaan di kelompok non pemerintah dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB);  semua dalam waktu beberapa bulan karena diduga karena mereka tidak mengenakan jilbab yang tepat (penutup kepala Islami) atau melanggar aturan pemisahan jender.

Perintah ini mengikuti larangan sebelumnya, yang dikeluarkan pada tahun pertama pemerintahan Taliban, pada anak perempuan pergi ke sekolah setelah kelas enam. Berikut ini adalah pandangan lebih dekat tentang pemerintahan Taliban dan ke mana tujuan mereka.

Mengapa Mereka Mengecualikan Perempuan dalam Pendidikan Tinggi, Pekerjaan dan Ruang Publik?

Taliban mengatakan mereka berkomitmen untuk menerapkan interpretasi mereka atas hukum Islam, atau Syariah, di Afghanistan. Ini tidak menyisakan ruang untuk apa pun yang mereka anggap asing atau sekuler, seperti perempuan yang bekerja atau belajar.

Itulah yang mendorong mereka pada akhir 1990-an, ketika mereka pertama kali merebut kekuasaan di Afghanistan, dan mendorong mereka sekarang, sejak mereka mengambil kendali lagi pada 15 Agustus 2021.

Pemimpin tertinggi mereka, Hibatullah Akhundzada, memuji perubahan yang diberlakukan sejak pengambilalihan, mengklaim kehidupan meningkat bagi perempuan Afghanistan setelah pasukan asing pergi dan jilbab menjadi wajib lagi.

Apa Tanggapa atas Larangan Ini?

Pemerintah asing, kelompok hak asasi, dan badan global mengutuk pembatasan tersebut. PBB mengatakan mereka adalah penghalang utama bagi Taliban untuk mendapatkan pengakuan internasional sebagai pemerintah Afghanistan yang sah. Bantuan luar negeri mengering karena donor besar menghentikan pendanaan mereka, ditarik ke arah yang berbeda oleh krisis lain dan khawatir uang mereka akan jatuh ke tangan Taliban.

Kurangnya dana, serta pengecualian perempuan Afghanistan dalam memberikan layanan kemanusiaan yang penting, memukul kehidupan penduduk dengan keras, mendorong lebih banyak orang ke dalam kemiskinan.

Bagaimana Kondisi Hidup di Afghanistan?

Hampir 80% dari anggaran pemerintah Afghanistan yang didukung Barat sebelumnya berasal dari komunitas internasional. Uang itu, sekarang sebagian besar dipotong, untuk membiayai rumah sakit, sekolah, pabrik, dan kementerian pemerintah.

Pandemi COVID-19, kekurangan medis, perubahan iklim, dan malnutrisi telah membuat hidup lebih menyedihkan bagi warga Afghanistan. Badan-badan bantuan telah melakukan pelanggaran untuk menyediakan layanan dasar seperti perawatan kesehatan.

Afghanistan sedang berjuang menghadapi tahun ketiga berturut-turut kondisi seperti kekeringan, keruntuhan pendapatan keluarga yang berkelanjutan, dan pembatasan perbankan internasional. Itu juga masih menderita perang puluhan tahun dan bencana alam.

Bagaimana Keadaan Ekonomi Afghanistan?

Bank Dunia mengatakan bulan lalu bahwa mata uang lokal, afghani, memperoleh nilai terhadap mata uang utama. Pelanggan dapat menarik lebih banyak uang dari simpanan individu yang dilakukan sebelum Agustus 2021 dan sebagian besar pegawai negeri dibayar. Bank Dunia menggambarkan pengumpulan pendapatan sebagai “sehat” dan mengatakan sebagian besar barang-barang dasar tetap tersedia, meskipun permintaan rendah.

Taliban telah mengadakan pembicaraan investasi dengan negara-negara di kawasan itu, termasuk China dan Kazakstan. Mereka ingin sanksi dicabut dan dana beku miliaran dolar dilepaskan, dengan mengatakan langkah-langkah ini akan meringankan penderitaan rakyat Afghanistan. Tetapi komunitas internasional hanya akan mengambil langkah tersebut setelah Taliban mengambil tindakan tertentu, termasuk mencabut pembatasan terhadap perempuan dan anak perempuan.

Seberapa Mungkin Taliban Mengubah Arah Kebijakan?

Ini sebagian besar bergantung pada pemimpin Taliban, Akhundzada. Ulama itu mengangkat menteri pemerintah yang berpikiran sama dan cendekiawan Islam di antara lingkarannya. Dia berada di balik dekrit tentang perempuan dan anak perempuan. Fatwanya, yang dibingkai dalam bahasa hukum Islam, bersifat mutlak.

Larangan hanya akan dicabut jika Akhundzada memerintahkannya. Beberapa tokoh Taliban menentang cara pengambilan keputusan, dan ada ketidaksepakatan tentang larangan perempuan dan anak perempuan. Namun juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid, mengecam laporan tersebut sebagai propaganda.

“Rahasia kesuksesan mereka adalah bahwa mereka bersatu,” kata Abdul Salam Zaeef, yang menjabat sebagai utusan Taliban untuk Pakistan ketika mereka memerintah Afghanistan pada 1990-an.

“Jika seseorang mengungkapkan pendapat atau pemikirannya, itu tidak berarti seseorang menentang kepemimpinan atau akan pergi ke pihak lain,” kata Zaeef yang menghabiskan beberapa tahun di pusat penahanan Teluk Guantanamo setelah invasi AS tahun 2001. “Ketidaksepakatan diletakkan di depan emir (Akhundzada) dan dia yang memutuskan. Mereka mengikuti kata-katanya.”

Bagaimana dengan Pengakuan Internasional?

Pejabat bantuan mengatakan Taliban memandang pengakuan sebagai hak, bukan sesuatu untuk dinegosiasikan. Para pejabat juga mengutip pertemuan tingkat tinggi dengan negara-negara kuat seperti China dan Rusia sebagai tanda bahwa Taliban sedang membangun hubungan bilateral dengan cara mereka sendiri.

Perdana Menteri Qatar bertemu Akhundzada di kota Kandahar, Afghanistan barat daya pada bulan Juni, pertemuan pertama yang diketahui publik antara pemimpin tertinggi dan seorang pejabat asing.

Meskipun Taliban secara resmi diisolasi di panggung global, mereka tampaknya memiliki interaksi dan keterlibatan yang cukup untuk menjalin hubungan dengan negara-negara menuju normalisasi.

Kerja sama dengan Taliban di bidang narkotika, pengungsi, dan kontra-terorisme menjadi perhatian global, termasuk di Barat. Negara-negara seperti China, Rusia, dan negara tetangga Pakistan ingin mengakhiri sanksi.

“Interaksi politik sedemikian rupa sehingga tidak ada negara di kawasan ini yang berpikir untuk membawa Afghanistan di bawah kekuasaan atau kendali mereka,” kata Zaeef. Dia mengatakan jangkauan luar negeri Taliban terhambat oleh daftar hitam yang mencegah pejabat bepergian, dan kurangnya kesamaan dengan seluruh dunia.

Oposisi Apa Yang Ada Terhadap Taliban?

Tidak ada oposisi bersenjata atau politik dengan dukungan domestik atau asing yang cukup untuk menggulingkan Taliban. Pasukan tempur yang melawan pemerintahan Taliban dari Lembah Panjshir di utara Kabul sedang disingkirkan dengan kejam. Protes publik jarang terjadi.

Negara Islam (ISIS) telah menyerang target profil tinggi dalam pemboman mematikan, termasuk dua kementerian pemerintah, tetapi militan kekurangan pejuang, uang dan sumber daya lainnya untuk melakukan serangan besar terhadap Taliban. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home