Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:47 WIB | Rabu, 29 Maret 2023

AS dan Jepang Kerja Sama Amankan Pasokan Mineral untuk Baterai Kendaraan Listrik

Pekerja memasang baterai untuk model kendaraan listrik baru di pabrik Mitsubishi Motor Corp di Kurashiki, Jepang 19 Mei 2022. Foto diambil 19 Mei 2022. (Foto: Reuters)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat setuju untuk meningkatkan kerja sama dengan Jepang dalam rantai pasokan mineral kritis dan untuk memperluas akses untuk keringanan pajak, karena Presiden Joe Biden bertujuan untuk melawan dominasi China di sektor baterai kendaraan listrik.

Mengikuti pakta tersebut, kendaraan listrik (EV) yang menggunakan bahan yang telah dikumpulkan atau diproses di Jepang akan memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif berdasarkan Undang-undang Pengurangan Inflasi (IRA) AS, kata Menteri Perdagangan Jepang, Yasutoshi Nishimura, hari Selasa (28/3) di Tokyo.

"Pengumuman ini adalah bukti komitmen Presiden Biden untuk membangun rantai pasokan yang tangguh dan aman," kata Perwakilan Dagang AS, Katherine Tai, dalam sebuah pernyataan. “Jepang adalah salah satu mitra dagang kami yang paling berharga.”

Kesepakatan itu serupa dengan kesepakatan yang telah dinegosiasikan Washington dengan Uni Eropa yang akan memperluas akses senilai US$ 369 miliar dalam pemberian dan kredit pajak yang tersedia selama dekade berikutnya di bawah UU IRA, di berbagai bidang termasuk tenaga angin, matahari, dan kendaraan listrik.

Pemasok yang berbasis di Jepang untuk sektor EV naik dalam perdagangan pada hari Selasa. Sumitomo Metal Mining Co, produsen bahan katoda baterai, naik sebanyak 2,1 persen, sedangkan produsen pemisah Asahi Kasei Corp juga menguat.

AS tetap sangat bergantung pada China dan permintaan untuk mineral kritis akan sangat besar di tahun-tahun mendatang, kata Menteri Keuangan, Janet Yellen, pada hari Jumat selama kesaksian di House Ways and Means Committee. “Salah satu tujuan IRA adalah untuk memperkuat rantai pasokan secara luas untuk mineral penting ini dan pemrosesannya, katanya.

Departemen Keuangan dijadwalkan untuk memberlakukan persyaratan baru yang akan mewajibkan komponen baterai dan mineral penting bersumber dari negara-negara perjanjian perdagangan bebas untuk mendapatkan kredit pajak konsumen sebesar US$7.500 per kendaraan. Meskipun UE dan Jepang bukan bagian dari FTA mana pun dengan AS, pakta baru itu akan memberi sekutu status yang sama untuk perdagangan mineral penting.

“Mengamankan mineral penting, yang diperlukan untuk kendaraan listrik, merupakan masalah penting untuk ditangani karena permintaan untuk mobil ini diperkirakan akan meningkat secara eksponensial,” kata Nishimura kepada wartawan. Tai dan duta besar Jepang untuk AS, Koji Tomita, dijadwalkan untuk menandatangani kesepakatan pada hari Selasa malam, katanya.

Legislator AS baru-baru ini mempertanyakan baik Tai maupun Yellen tentang keabsahan kesepakatan semacam itu tanpa persetujuan kongres. Sementara itu, beberapa serikat pekerja, yang merupakan basis dukungan utama bagi Biden, telah menolak perjanjian tersebut karena khawatir akan mempertaruhkan pekerjaan Amerika.

Anggota parlemen telah berkonsultasi tentang kesepakatan itu, tetapi itu dinegosiasikan di bawah otoritas USTR untuk mencapai kesepakatan di sektor-sektor tertentu tanpa persetujuan Kongres, kata pejabat senior administrasi dalam panggilan latar belakang dengan wartawan.

Pakta tersebut berisi mekanisme penyaringan untuk memastikan bahwa mineral kritis yang berasal dari “negara-negara yang menjadi perhatian” – yang mengacu pada China dan Rusia, tidak mendapat manfaat dari insentif IRA, kata para pejabat.

Di bawah kesepakatan itu, AS dan Jepang juga akan menahan diri dari mengenakan bea ekspor pada mineral penting yang diperdagangkan antara kedua negara dan mendiskusikan bagaimana mendekati “kebijakan dan praktik non-pasar non-pihak yang mempengaruhi perdagangan mineral kritis”, referensi terselubung lainnya untuk Cina. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home