Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:03 WIB | Rabu, 05 Januari 2022

Australia dan Selandia Baru Sambut Tahun Baru 2022

Berbagai negara lakukan pembatasan perayaan Tahun baru, karena pandemi, dan varian Omicron.
Australia dan Selandia Baru Sambut Tahun Baru 2022
Kembang api menyala di atas Sydney Opera House dan Harbour Bridge saat perayaan Malam Tahun Baru dimulai di Sydney, hari Jumat, 31 Desember 2021. (Foto: AAP/Dean Lewins via AP)
Australia dan Selandia Baru Sambut Tahun Baru 2022
Seorang pria menggantungkan kertas berisi ucapan selamat Tahun Baru pada Malam Tahun Baru di kuil Jogye di Seoul, Korea Selatan, Jumat, 31 Desember 2021. (Foto: AP/Lee Jin-man)
Australia dan Selandia Baru Sambut Tahun Baru 2022
Leahmer Singson menggendong putranya di samping pasangannya Jay Rabina di dalam tenda mereka di Mambaling, Cebu, Filipina tengah pada Malam Tahun Baru Jumat 31 Desember 2021. Kebakaran terjadi akhir November yang memaksa penduduk untuk tinggal di tempat penampungan sementara yang kemudian hancur karena Topan Rai bertiup melewati provinsi Cebu. Ditanya apa yang dia inginkan untuk tahun baru, Singson memiliki harapan sederhana: "Saya harap kita tidak akan sakit." (Foto: AP/Jay Labra)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Selandia Baru meninggalkan tahun 2021dan menyambut Tahun Baru 2022 S dan berharap tahun baru membawa harapan baru.

Itu adalah sentimen umum ketika orang-orang di seluruh dunia mulai menyambut tahun baru. Di banyak tempat, perayaan Malam Tahun Baru ditahan atau dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut karena lonjakan infeksi virus corona, kali ini didorong oleh varian Omicron yang sangat menular.

Bahkan sebelum Omicron melanda, banyak orang dengan senang hati mengucapkan selamat tinggal pada tahun kedua pandemi.

Selandia Baru adalah salah satu tempat pertama untuk merayakan tahun baru dengan tampilan lampu sederhana yang diproyeksikan ke landmark Auckland, termasuk Sky Tower dan Harbour Bridge. Itu menggantikan pertunjukan kembang api tradisional. Meskipun belum ada penyebaran di komunitas varian Omicron di Selandia Baru, pihak berwenang masih ingin mencegah kerumunan.

Tetangganya, Australia, bagaimanapun, tetap melanjutkan perayaannya meskipun ada ledakan kasus virus. Beberapa kembang api dinyalakan lebih awal di malam hari untuk memberikan gambaran kepada anak-anak tentang inti perayaan, pertunjukan kembang api yang terkenal dari Sydney Harbour Bridge dan Sydney Opera House.

Beberapa jam sebelum perayaan dimulai, otoritas kesehatan Australia melaporkan rekor 32.000 kasus virus baru, banyak di antaranya di Sydney. Karena lonjakan tersebut, kerumunan jauh lebih kecil daripada tahun-tahun sebelum pandemi, ketika sebanyak satu juta orang yang bersuka ria akan memadati pusat kota Sydney.

Karena letak garis penanggalan internasional, negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik termasuk yang pertama menyambut setiap tahun baru.

Perayaan di Berbagai Negara

Di Jepang, penulis Naoki Matsuzawa mengatakan dia akan menghabiskan beberapa hari ke depan untuk memasak dan mengantarkan makanan kepada orang tua karena beberapa toko akan tutup. Dia mengatakan vaksinasi telah membuat orang kurang cemas tentang pandemi, meskipun ada varian baru.

“Kami tidak lagi terlalu takut,” kata Matsuzawa, yang tinggal di Yokohama, barat daya Tokyo. “Beberapa dari kita mulai menerima begitu saja bahwa itu tidak akan terjadi pada saya.” Seperti banyak orang lain, Matsuzawa berharap kehidupan akan membaik pada 2022. “Saya berharap pembatasan bisa hilang,” katanya.

Di seluruh Jepang, banyak orang berencana untuk melakukan perjalanan tahun baru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga mereka. Pada Malam Tahun Baru, orang-orang memadati kuil dan tempat pemujaan, kebanyakan dari mereka mengenakan masker.

Di ibu kota Korea Selatan, Seoul, upacara membunyikan lonceng Tahun Baru tahunan dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut karena lonjakan kasus.

Para pejabat mengatakan video pra rekaman dari upacara membunyikan lonceng tahun ini akan disiarkan secara online dan di televisi. Upacara itu sebelumnya telah menarik puluhan ribu orang. Pembatalan tahun lalu adalah yang pertama sejak upacara dimulai pada tahun 1953.

Di India, jutaan orang berencana untuk merayakan tahun baru dari rumah mereka, dengan jam malam dan pembatasan lainnya membuat perayaan di kota-kota besar termasuk New Delhi dan Mumbai menjadi kacau.

Pihak berwenang telah memberlakukan pembatasan untuk menjauhkan orang yang bersuka ria dari restoran, hotel, pantai, dan bar di tengah lonjakan kasus yang dipicu oleh Omicron.

Banyak orang Indonesia juga meninggalkan perayaan mereka yang biasa untuk malam yang lebih tenang di rumah, setelah pemerintah melarang banyak perayaan Malam Tahun Baru. Di Jakarta, pertunjukan kembang api, parade, dan pertemuan besar lainnya dilarang, sementara restoran dan mal diizinkan tetap buka tetapi dengan jam malam diberlakukan.

Vietnam juga membatalkan pertunjukan dan perayaan kembang api. Di Hanoi, pihak berwenang menutup jalan-jalan pusat, sementara di Kota Ho Chi Minh, penonton dilarang menonton pertunjukan hitung mundur secara langsung, yang sebaliknya akan ditayangkan di media sosial.

Di Hong Kong, sekitar 3.000 orang berencana untuk menghadiri konser Malam Tahun Baru yang menampilkan selebriti lokal termasuk boy band Mirror. Konsernya akan menjadi yang besar pertama. Acara Malam Tahun Baru diadakan sejak 2018, setelah dibatalkan pada 2019 karena perselisihan politik dan tahun lalu karena pandemi.

Namun di Thailand, pihak berwenang mengizinkan pesta Malam Tahun Baru dan pertunjukan kembang api untuk dilanjutkan, meskipun dengan langkah-langkah keamanan yang ketat.

Di Filipina, Tahun baru masih diwarnai kedukaan akibat bencana topan yang kuat dua pekan lalu menyapu bersih kebutuhan dasar bagi puluhan ribu orang menjelang Malam Tahun Baru. Lebih dari 400 tewas oleh Topan Rai dan sedikitnya 82 masih hilang. Setengah juta rumah rusak atau hancur.

Leahmer Singson, seorang ibu berusia 17 tahun, kehilangan rumahnya karena kebakaran bulan lalu, dan kemudian topan menerbangkan gubuk kayu sementaranya di kota Cebu. Dia akan menyambut tahun baru bersama suaminya, yang bekerja di pabrik kaca dan aluminium, dan bayinya yang berusia satu tahun di tenda bobrok di daerah pesisir, tempat ratusan keluarga lainnya mendirikan tenda kecil dari puing-puing, karung beras, dan terpal untuk melindungi diri dari hujan dan matahari.

Ditanya apa yang dia inginkan untuk tahun baru, Singson memiliki harapan sederhana: "Saya harap kita tidak akan sakit." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home