Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:13 WIB | Minggu, 02 Mei 2021

Banjir Musiman Melanda Yaman, 13 Orang Tewas

Banjir di Sanaa, Yaman tahun 2020. (Foto: dok Reuters)

SANAA, SATUHARAPAN.COM-Banjir melanda beberapa wilayah Yaman di tengah hujan lebat musiman, menyebabkan sedikitnya 13 orang tewas, termasuk dua anak-anak, kata pejabat keamanan hari Sabtu (1/5).

Korban meninggal dilaporkan di Provinsi Sanaa, Ibb, Shabwa dan Hodeida, di mana hujan mulai turun akhir bulan lalu, kata para pejabat. Mereka berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk memberi pengarahan kepada media.

Hujan deras juga melanda Provinsi Aden, Taiz dan Hadramaut, di mana banjir merusak rumah dan kendaraan, kata mereka. Tim penyelamat berhasil menyelamatkan beberapa warga yang terjebak di dalam mobil mereka.

Pusat Meteorologi Nasional Yaman mengeluarkan pernyataan dalam beberapa hari terakhir yang memperingatkan warga Yaman untuk menjauh dari saluran banjir di daerah yang terkena dampak dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Musim hujan Yaman berlangsung dari April hingga Agustus.

Tahun lalu, banjir di Yaman menewaskan puluhan orang dan memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka.

Negara termiskin di dunia Arab itu terpecah antara milisi Houthi yang menguasaai wilayah utara dan pemerintah yang diakui secara internasional di wilayah selatan. Kedua belah pihak telah berperang sejak Houthi yang didukung Iran mengasai sebagian besar wilayah utara dan merebut ibu kota Sanaa pada akhir 2014. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home