Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:07 WIB | Minggu, 14 November 2021

Banjir Terjadi di Beberapa Daerah

Banjir Terjadi di Beberapa Daerah
Rumah rusak akibat tanah longsor di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara , hari Jumat (12/11). (Foto: BPBD Kabupaten Deli Serdang)
Banjir Terjadi di Beberapa Daerah
Banjir di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, pada Jumat (12/11) sore. (Foto: BPBD Kabupaten Aceh Utara)

SATUHARAPAN.COM- Banjir masih terjadi di beberapa daerah dalam musim hujan tahun ini.Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan hari Sabtu (13/11) banjir terjadi di Aceh Utara, Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah.

Banjir terjadi di Kabupaten Aceh Utara dan sebanyak 552 unit rumah warga terendam. Banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur serta meluapnya Sungai Krueng Keureuto dan Sungai Krueng Pase pada hari Jumat (12/11).

Banjir juga menggenangi 210 hektare sawah, sekolah dan kantor desa di wilayah Kecamatan Matangkuli, Kecamatan Pirak Timur, Kecamatan Lhoksukon, dan Kecamatan Cot Girek.

Sementara itu, tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, menyebabkan jatuhnya satu korban jiwa di Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit.

Tanah longsor yang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi tersebut juga mengakibatkan satu warga luka-luka dan 31 warga lainnya terdampak. Di samping itu, berdasarkan informasi BPBD setempat, longsor disebabkan kondisi tanah yang labil.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang melaporkan kerugian materiil, antara lain 10 unit rumah tertimbun, dua unit rumah rusak ringan, satu fasilitas ibadah dan satu unit fasilitas masyarakat setempat atau jambur terdampak.

Sedangkan genangan air akibat banjir yang melanda Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, masih terjadi. Banjir di sana terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (10/11).

BPBD setempat mencatat lokasi banjir meliputi Kecamatan Katingan Hulu, Kecamatan Marikit, Kecamatan, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Pulau Malan, Kecamatan Tewang Sangalang Garing ,dan Kecamatan Katingan Hilir.

Kerugian materil yang ditimbulkan atas kejadian bencana tersebut masih dalam pendataan BPBD Kabupaten Katingan. Hingga siaran pers ini diturunkan, belum ada laporan jatuhnya korban jiwa.

BPBD Kabupaten Katingan terus berkoordinasi dengan lintas instansi terkait dalam upaya percepatan penanganan banjir Kabupaten Katingan. Adapun kondisi saat ini dilaporkan bahwa tinggi muka air mengalami peningkatan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca dan menyebutkan  hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, sampai Kamis (18/11).

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home