Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 09:02 WIB | Jumat, 11 Agustus 2023

Berdebat, Siapa Takut?

Ilustrasi berdebat (Foto : Canvapremium)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM,  Apakah kamu pernah berdebat? 

Tidak seperti yang beredar di masyarakat umum, pengertian debat dalam KBBI adalah pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. 

Dalam perkembangannya, debat banyak kita temui sebagai cabang lomba. Dimana debat diartikan sebagai interaksi verbal antara dua atau lebih individu yang memiliki pandangan berbeda tentang suatu isu atau topik. Dalam debat, setiap pihak berusaha meyakinkan pendengar atau audiens bahwa pandangan atau argumen mereka adalah yang paling kuat dan layak dipertimbangkan.

Kalau kamu tertarik untuk jadi ahli debat, simak tips dari Amanda Michelle Setiawan , peserta didik SMAK 1 PENABUR sekaligus Pembicara Terbaik X di ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) 2023.

Pertama, get out of your comfort zone. Agar berhasil menjadi ahli debat harus berani memaksa diri keluar dari zona nyaman. Jika sudah terbiasa melakukan segala hal dengan mudah, maka akan sulit mengembangkan kemampuan public speaking. 

“Kalau kalian hanya berani berbicara di kelas, di hadapan guru dan teman-teman saja , maka akan susah mengembangkan kemampuan berdebat di depan audiens yang masif.” ujar Amanda.

Kedua, diperlukan waktu yang panjang. Untuk menjadi seseorang yang mahir dalam berdebat dibutuhkan waktu latihan yang panjang, “Banyak orang berpikir bahwa ketika melihat seseorang sedang ikut lomba debat itu keren, padahal dibaliknya dibutuhkan usaha dan proses yang memakan waktu. Jika baru pertama kali ikut lomba debat pastinya ada perasaan takut.” ungkap Amanda.

Ketiga, belajar debat dengan teman dan pelatih yang sefrekuensi. Bergabunglah dengan klub debat di sekolah karena akan bertemu dengan teman-teman yang sepemikiran. Kemudian, memilih pelatih yang sesuai juga menjadi hal penting untuk diperhatikan, sehingga kamu merasa nyaman dalam melatih diri. SMAK 1 PENABUR memiliki klub debat, English Debate Society (EDC) yang diketuai oleh Amanda.

Dengan mengembangkan kemampuan berdebat, sebenarnya kamu sedang melatih diri untuk mahir dalam berbicara sekaligus menjadi pendengar yang baik. Berdebat juga dapat membantu mu berpikir terbuka, logis, dan sistematis, karena diperlukan data yang benar agar argumen tidak terbantahkan pihak lawan. 

Dari sisi psikologis, debat dapat melatih kedewasaan. Dalam arena debat sangat mungkin percakapan berlangsung seru bahkan panas, tapi diluar itu kita harus membangun pertemanan dengan pihak lawan. Dan perlu diingat, debat harus berdasarkan fakta dan bukan bertujuan menyerang pribadi lawan. Hal inilah yang membuat diri dilatih menjadi lebih dewasa dari sebelumnya.

Selamat berdebat!

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home