Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:42 WIB | Sabtu, 09 Desember 2023

Beredar Video dan Foto Puluhan Anggota Hamas Menyerah Secara Masal pada IDF

Anggota Hamas berjongkok dan tidak mengenakan baju berbaris setelah menyerah secara masal pada IDF. (Foto: salah satu foto yang beredar di platform X)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Beredar video gambar puluhan anggota Hamas yang menyerah pada Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Gaza. Pada foto dan video itu terlihat tahanan Hamas tidak mengenakan pakaian, dan materi itu beredar di media sosial.

Gambar dan video teroris Hamas yang telah menyerah dan ditangkap oleh IDF telah beredar secara online, media Israel melaporkan pada hari Kamis (7/12). Laporan ini muncul bersamaan dengan hari raya Yahudi Hanukkah dimulai di Israel.

Sebuah video yang memperlihatkan puluhan orang yang ditangkap, bahkan ada yang dalam keadaan telanjang dan hanya mengenakan pakaian dalam saat mereka duduk berbaris di jalan bveredar di platform seperti X, sebelumnya Twitter, dan Instagram.

Tidak jelas di mana di wilayah Gaza gambar-gambar ini diambil, namun tentara IDF bersenjata terlihat di samping para tahanan saat mereka menunggu, dengan kepala tertunduk, di trotoar yang dipenuhi puing-puing di depan bangunan yang rusak.

“Terima kasih Hashem karena membiarkan orang-orang Yahudi memulai Hanukah dengan senyuman berkat penyerahan massal teroris Hamas di Gaza,” tulis aktivis Yahudi Hillel Fuld di X. “Ini harus menjadi yang pertama dari sekian banyak hal! Terima kasih, IDF!” seperti dikutip The Jerusalem Post.

Aviva Klompas, mantan direktur penulisan pidato di Misi Israel untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan salah satu pendiri Boundless Israel, memberi keterangan pada foto X yang menunjukkan para tahanan berlutut berjajar di trotoar sementara sepatu mereka berserakan di jalan di depan mereka. Disebutkan itu sebagai “penyerahan massal teroris Hamas.”

Gambar lain yang dipublikasikan oleh media Israel, Maariv menunjukkan para tahanan berkerumun di belakang kendaraan militer IDF, sekali lagi tanpa pakaian, dan tangan mereka tampaknya diikat di belakang punggung.

Selain itu dalam video yang beredar terlihat juga anggota Hamas yang menyerah berbaris, dan bagian lain menunjukkan mereka berada dalam kedaraan yang bergerak, diangkut ke suatu tempat. Video itu juga tidak memberikan petunjuk kapan dan di mana video diambil. (dengan JP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home