Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 17:15 WIB | Rabu, 27 Juli 2022

Berlian Merah Muda Terbesar Ditemukan di Tambang Angola

Gambar tak bertanggal yang dirilis oleh Lucapa Diamond Company Limited pada 27 Juli 2022 menunjukkan berlian merah muda 170 karat, dinamai The Lulo Rose, yang ditemukan di tambang Lulo di wilayah timur laut yang kaya berlian di Angola. (Foto: AFP)

SIDNEY, SATUHARAPAN.COM-Penambang di Angola telah menemukan berlian merah muda murni langka yang diyakini sebagai yang terbesar yang ditemukan dalam 300 tahun, kata operator situs Australia mengumumkan hari Rabu (27/7).

Sebuah berlian merah muda 170 karat, dijuluki The Lulo Rose, ditemukan di tambang Lulo di timur laut negara yang kaya berlian dan merupakan salah satu berlian merah muda terbesar yang pernah ditemukan, Lucapa Diamond Company mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada investor.

Penemuan “bersejarah” dari berlian Tipe IIa, salah satu bentuk batu alam paling langka dan paling murni, disambut baik oleh pemerintah Angola, yang juga merupakan mitra dalam tambang tersebut.

“Rekor dan berlian merah muda spektakuler yang ditemukan dari Lulo ini terus menunjukkan Angola sebagai pemain penting di panggung dunia,” kata Menteri Sumber Daya Mineral Angola, Diamantino Azevedo.

Berlian itu akan dijual dengan tender internasional, kemungkinan dengan harga yang menggiurkan.

Meskipun The Lulo Rose harus dipotong dan dipoles untuk menyadari nilai sebenarnya, dalam proses yang dapat membuat batu kehilangan 50 persen dari beratnya, berlian merah muda serupa telah dijual dengan harga memecahkan rekor.

Pink Star 59,6 karat dijual di lelang Hong Kong pada 2017 seharga US$ 71,2 juta. Itu tetap menjadi berlian termahal yang pernah dijual. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home