Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:40 WIB | Senin, 01 Mei 2023

Bicara dengan Xi Jinping, Presiden Ukraina Sampaikan Pandangan Penyelesaian Konflik dengan Rusia

Presiden China, Xi Jinping, ketika tiba untuk menghadiri Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC selama Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik, KTT APEC, 19 November 2022, di Bangkok, Thailand. (Foto: dok. Jack Taylor/pool via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dia dan pemimpin China, Xi Jinping, melakukan pembicaraan telepon "panjang dan bermakna" hari Rabu (26/4). Ini kontak pertama mereka yang diketahui sejak Rusia menginvasi Ukraina lebih dari setahun yang lalu, dan Beijing menunjuk seorang utusan untuk mengupayakan "penyelesaian politik."

Pembicaraan selama satu jam itu dilakukan dua bulan setelah Beijing, yang telah lama bersekutu dengan Rusia, mengatakan ingin bertindak sebagai mediator dan sebulan setelah Xi mengunjungi Moskow. Seruan itu juga bertepatan dengan indikasi bahwa Ukraina sedang mempersiapkan pasukannya untuk serangan balasan musim semi.

Zelenskyy sangat optimis dengan percakapan tersebut, yang memberinya kesempatan untuk memasukkan pandangannya ke dalam dialog bilateral antara Moskow dan Beijing. Presiden Rusia, Vladimir Putin, sangat ingin menjaga Xi dekat sebagai penyeimbang ke Amerika Serikat, yang memihak Ukraina.

“Saya percaya panggilan ini, serta penunjukan duta besar Ukraina untuk China, akan memberikan dorongan yang kuat untuk pengembangan hubungan bilateral kita,” kata Zelenskyy di Facebook.

Pembacaan resmi di situs webnya menyebut percakapan itu "produktif" dan mengatakan itu mengarah ke "kemungkinan interaksi dengan tujuan membangun perdamaian yang adil dan berkelanjutan untuk Ukraina."

Zelenskyy menekankan perlunya merebut kembali semua tanah Ukraina dan menyatakan, “Tidak akan ada perdamaian dengan mengorbankan kompromi teritorial.” Dalam referensi tidak langsung ke laporan AS bahwa China telah mempertimbangkan untuk memasok senjata ke Rusia untuk perangnya. Dan kantor Zelenskyy mengatakan dia meminta negara-negara untuk tidak melakukannya karena “dukungan apa pun, bahkan sebagian, diubah oleh Rusia menjadi kelanjutan agresinya, ke dalam penolakan lebih lanjut terhadap perdamaian.” China mengatakan tidak akan memasok senjata ke salah satu pihak dalam konflik.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan "sikap inti Beijing adalah memfasilitasi pembicaraan untuk perdamaian," mengumumkan bahwa seorang utusan, mantan duta besar untuk Rusia, akan mengunjungi Ukraina untuk mencari "penyelesaian politik."

Pernyataan kementerian memberikan nada positif, memberikan anggukan pada desakan Kiev bahwa wilayahnya tidak dapat dipecah oleh aneksasi Rusia dan memperjelas bahwa Beijing menghargai hubungan jangka panjangnya dengan Ukraina.

“Saling menghormati kedaulatan dan integritas teritorial adalah landasan politik hubungan China-Ukraina,” kata pernyataan itu. “Kesiapan China untuk mengembangkan hubungan dengan Ukraina konsisten dan jelas. Tidak peduli bagaimana situasi internasional berkembang, China akan bekerja dengan Ukraina untuk memajukan kerja sama yang saling menguntungkan.”

Analis Skeptis, Karen China Pro Moskow

Namun analis menyatakan skeptis tentang prospek perdamaian. Seruan itu menyeimbangkan dialog China dengan Rusia dengan menunjukkan bahwa pihaknya “mengakui kepemimpinan Ukraina dan menunjukkan bahwa Ukraina adalah entitas yang penting,” kata profesor ilmu politik Kimberly Marten dari Barnard College di Universitas Columbia di New York.

Tapi, dia menambahkan dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, kecuali rincian yang dirahasiakan mengungkapkan sebaliknya, “ini bukan permulaan. Itu pro Rusia. Saya tidak akan menduga bahwa ini sangat penting untuk mengakhiri perang.”

Dia mencatat bahwa pernyataan China tidak meminta Rusia untuk meninggalkan daerah yang diduduki atau mencap Rusia sebagai agresor, dan menyebut situasi tersebut sebagai “krisis, bukan perang.”

Elizabeth Wishnick, dari think tank CNA yang berbasis di AS dan Weatherhead East Asian Institute dari Columbia University, mencatat dalam email ke AP bahwa pernyataan China tentang pembicaraan tersebut berisi “tidak menyebutkan penarikan pasukan Rusia, yang, menurut saya, membuat ini inisiatif yang kurang serius dan tidak mungkin berkontribusi besar untuk mengakhiri perang, yang kemungkinan besar akan diputuskan di medan perang.

Moskow Puji Xi Jinping

Di Moskow, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, memuji pendekatan China, memuji "kesiapan Beijing untuk berusaha membangun proses negosiasi (perdamaian)," sambil mengecam "penolakan Kiev atas inisiatif suara apa pun yang ditujukan untuk penyelesaian."

Gedung Putih menggambarkannya sebagai perkembangan positif, memungkinkan Xi mendengar pandangan Ukraina tentang "invasi ilegal dan tidak beralasan."

"Kami pikir itu hal yang baik," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby.

Pembicaraan antara kedua pemimpin telah diantisipasi selama berminggu-minggu, setelah China menghasilkan proposal 12 poin untuk mengakhiri pertempuran, meski tidak memuat rincian.

Rusia dan Ukraina berjauhan dalam hal perdamaian. Kremlin ingin Kiev mengakui aneksasi Rusia atas Semenanjung Krimea dan provinsi Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia di Ukraina, yang dikecam sebagian besar negara sebagai tindakan ilegal. Ukraina telah menolak tuntutan tersebut dan mengesampingkan pembicaraan dengan Rusia sampai pasukannya mundur dari semua wilayah pendudukan, kata Zelenskyy dalam sebuah wawancara dengan AP. Bulan lalu dia tidak berbicara dengan Xi sejak perang dimulai dan mengundangnya untuk mengunjungi Ukraina.

China telah mengumumkan keinginannya untuk bertindak sebagai mediator dalam perang yang telah menghidupkan kembali NATO. Posisi Xi memperkuat klaim China bahwa negara itu netral dalam perang, meskipun menghalangi upaya PBB untuk mengutuk invasi Kremlin.

Sementara Zelenskyy telah memindahkan negaranya lebih dekat ke NATO dan membujuk anggota aliansi untuk mengirim senjata canggih ke Ukraina untuk membantu mengalahkan Rusia, Beijing telah menggemakan garis Kremlin dengan menuduh Barat memprovokasi konflik dan “mengipasi api” dengan mempersenjatai Kiev.

Ketika China pada bulan Februari menyerukan gencatan senjata dan pembicaraan damai antara Ukraina dan Rusia, Zelenskyy dengan hati-hati menyambut keterlibatan Beijing tetapi mengatakan keberhasilan akan bergantung pada tindakan, bukan kata-kata.

Putin dengan hangat menyambut Xi ke Kremlin, dalam apa yang dilihat sebagai pesan kuat kepada para pemimpin Barat bahwa upaya mereka untuk mengisolasi Moskow atas pertempuran di Ukraina telah gagal.

Juga pada hari Rabu, Zelenskyy menggunakan peringatan 37 tahun bencana nuklir terburuk di dunia di Chernobyl untuk mengulangi peringatannya tentang ancaman bencana atom baru selama perang negaranya dengan Rusia.

Zelenskyy menarik paralel antara kecelakaan Chernobyl pada 26 April 1986, dengan penyitaan singkat Moskow atas pabrik itu dan zona eksklusi yang terkontaminasi radiasi setelah invasi besar-besaran ke Ukraina. “Tahun lalu, penjajah tidak hanya merebut pembangkit listrik tenaga nuklir (Chernobyl), tetapi juga membahayakan seluruh dunia lagi,” kata Zelenskyy dalam sebuah posting Telegram dalam bahasa Inggris. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home