Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:30 WIB | Selasa, 17 Januari 2017

Biden Kunjungi Ukraina untuk Tunjukkan Dukungan

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. (Foto: politico.com)

KIEV, SATUHARAPAN.COM – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Ukraina pada Senin (16/1) untuk mendukung para pemimpin negara itu di tengah kekhawatiran bahwa hubungan akan renggang di bawah kepemimpinan Donald Trump.

“Saya ingin datang ke sini sekali lagi dalam kunjungan terakhir saya sebagai wakil presiden untuk memberikan apresiasi atas kemajuan pesat yang sudah dicapai rakyat Ukraina,” kata Biden kepada wartawan dalam konferensi pers bersama dengan Poroshenko, mengatakan Amerika dan Ukraina disatukan oleh ikatan yang mendalam.

Kunjungan satu hari Biden untuk bertemu Presiden Petro Poroshenko dan Perdana Menteri Volodymyr Groysman merupakan lawatan terakhirnya ke Kiev sebelum mundur dan bertujuan menekankan keterlibatan pribadinya dalam memberikan dukungan untuk bekas negara Uni Soviet tersebut.

Biden memimpin upaya pemerintahan Barack Obama untuk mendorong Ukraina melakukan reformasi, saat negara tersebut berjuang dengan aneksasi Crimea oleh Rusia dan dukungannya terhadap para pejuang separatis di wilayah timur negara itu.

Namun pujian presiden terpilih Trump kepada Presiden Rusia Vladimir Putin menimbulkan keraguan mengenai apakah dia akan memberikan bantuan lebih lanjut untuk Kiev.

“Saya berharap pemerintah selanjutnya juga akan menjadi pendukung dan mitra dalam proses Anda yang masih terus berlanjut, tapi seperti yang Anda semua ketahui bahwa tidak ada yang orang lain yang dapat bekerja keras selain rakyat Ukraina,” kata dia. (AFP/Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home