Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 16:13 WIB | Kamis, 19 Oktober 2023

Biden: Pembantaian di Rumah Sakit di Gaza Dilakukan Tim Lain, Bukan Israel

Presiden AS, Joe Biden, disambut Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, setelah tiba di Bandara Internasional Ben Gurion, Rabu, 18 Oktober 2023, di Tel Aviv. (Foto: AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengawali kunjungannya ke Israel pada hari Rabu (18/10) dan berjanji untuk menunjukkan kepada dunia bahwa AS berdiri dalam solidaritas dengan Israel dan mengklaim bahwa serangan mematikan di rumah sakit Gaza tampaknya dilakukan “oleh tim lain” dan bukan militer Israel.

“Berdasarkan apa yang saya lihat, sepertinya hal itu dilakukan oleh tim lain, bukan Anda,” kata Biden kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dalam sebuah pertemuan, mengacu pada pejuang Hamas. Namun Biden mengatakan ada “banyak orang di luar sana” yang tidak yakin apa yang menyebabkan ledakan itu”.

Jihad Islam Palestina menolak klaim Israel bahwa gerakan tersebut bertanggung jawab atas serangan terhadap rumah sakit di Gaza, dan menuduh Israel berusaha menghindari pertanggungjawaban atas "pembantaian brutal" yang diduga dilakukannya.

Kelompok tersebut berpendapat bahwa perintah Israel untuk mengevakuasi Al-Ahli dan laporan ledakan sebelumnya di rumah sakit tersebut menjadi bukti bahwa rumah sakit tersebut sengaja menjadi sasaran Israel. Mereka juga menekankan bahwa skala ledakan, sudut jatuhnya bom, dan tingkat kehancuran semuanya menunjukkan keterlibatan Israel.

Biden dijadwalkan mengunjungi Yordania setelah singgah di Israel, namun pertemuan di sana dengan para pemimpin Arab dibatalkan setelah ledakan rumah sakit. Dia mengatakan kepada Netanyahu bahwa dia “sangat sedih dan marah” dengan ledakan tersebut.

Namun dia juga mengatakan bukanlah sebuah hiperbola untuk mengatakan bahwa Hamas telah “membantai” warga Israel dalam serangan 7 Oktober tersebut. “Warga Amerika berduka, sungguh,” kata Biden. “Orang Amerika khawatir.”

“Kita harus ingat bahwa Hamas tidak mewakili seluruh rakyat Palestina dan hanya membawa penderitaan bagi mereka,” katanya.

Biden menambahkan bahwa dia mendorong Netanyahu untuk memastikan “kapasitas penyelamatan jiwa untuk membantu warga Palestina yang tidak bersalah dan terjebak di tengah-tengah hal ini”.

“Saya ingin mengatakan kepada rakyat Israel: keberanian, komitmen, dan keberanian mereka sungguh menakjubkan,” kata Biden, seraya menambahkan bahwa dia “bangga” mengunjungi Israel.

Sementara itu, Netanyahu berterima kasih kepada Biden karena telah datang ke Israel dan mengatakan kepadanya bahwa kunjungan tersebut “sangat, sangat mengharukan.”

“Saya telah melihat dukungan Anda setiap hari, dalam, luas, dan dalamnya kerja sama yang kami miliki sejak awal perang ini,” katanya.

Netanyahu menyebut kerja sama AS “benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya.” Khususnya, Netanyahu tidak menyebutkan situasi kemanusiaan di Gaza atau pembantaian Selasa malam di rumah sakit Gaza.

“Sama seperti dunia yang beradab bersatu untuk mengalahkan Nazi, dan bersatu untuk mengalahkan ISIS, dunia yang beradab harus bersatu untuk mengalahkan Hamas,” kata Netanyahu, seraya mengklaim bahwa Israel akan mengalahkan Hamas demi “perdamaian dan keamanan di kawasan dan di dunia.”

Netanyahu memuji Biden karena telah memberi Israel “peralatan yang kami perlukan untuk mempertahankan diri,” dan atas “pesan jelas yang Anda kirimkan kepada musuh-musuh kami untuk tidak menguji tekad kami.”

Dia juga menunjuk pada dua kapal induk AS yang dikirim Biden “untuk mendukung pernyataan tersebut dengan tindakan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home