Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 12:13 WIB | Kamis, 30 November 2023

BKSDA Kaltim Pindahkan Tiga Buaya Muara ke Tabang Zoo, Kutai Kartanegara

Buaya muara (Crocodylus porosus) yang dipindahkan di Kalimantan Timur. (Foto: KLHK)

BALIKPAPAN, SATUHARAPAN.COM-Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur pada hari Selasa, 21 Nopember 2023 memindahkan tiga ekor buaya muara (Crocodylus porosus) dari Lembaga Konservasi (LK) Satwa Lestari Jaya di Teritip, Balikpapan ke LK Satwa Gunung Bayan Lestari (SGBL) yang berada di Tabang, Kutai Kartanegara.

Pemindahan dilaksanakan dengan tujuan untuk menunjang kesejahteraan satwa. Ketiga ekor buaya tersebut akan ditempatkan pada kandang khusus buaya yang berada di Lembaga Konservsi SGBL atau yang lebih dikenal dengan Tabang Zoo.

Tabang Zoo berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan jumlah koleksi satwa mencapai 174 jenis dengan luas area lima hektare dan sarana prasarana cukup lengkap yang meliputi, termasuk kandang karantina, kandang satwa, laboratorium, kantor pengelola.

Kebun binatang ini juga didukung tim medis dokter hewan tiga orang, perawat satwa/keeper 119 orang dan kurator satu orang dan assisten kurator satu orang.

Kepala Balai KSDA Kaliamantan Timur, M. Ari Wibawanto mengatakan, buaya-buaya itu hasil evakuasi dari wilayah yang ada konflik dengan Masyarakat.

Buaya muara merupakan satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM/12/2018. Sedangkan berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN) Redlist, buaya muara masuk dalam kategori Least Concern (berisiko rendah).

Selama proses pemindahan ketiga ekor buaya tersebut, baik pada waktu pengangkutan dari kandang di LK Satwa Lestari Jaya Teritip ke kendaraan angkut, maupun selama perjalanan dari LK Satwa Lestari Jaya Teritip Balikpapan menuju LH SGBL di Tabang, Kutai Kartanegara terus didampingi dan diawasi secara ketat oleh 2 (dua) orang tenaga medis, yaitu drh. Amir Maruf dari BRIN dan drh. Reiny S dari LK SGBL.

Amir menyampaikan, “Kami dari tim medis sejak awal dilakukan pemindahan terus memantau kondisi ketiga buaya. Bahkan selama perjalanan yang memakan waktu ± 12 jam kami tetap siaga, dan mengusahakan agar selama perjalanan kondisi satwa tetap dalam keadaan baik sampai dengan satwa tersebut ditempatkan di kandang khusus Buaya di Tabang Zoo.”

Proses pemindahan buaya membutuhkan waktu kurang lebih 18 jam, mulai tahap persiapan sampai dengan tiba di Tabang Zoo. Tim Pemindahan Satwa berangkat dari Balikpapan pada hari Selasa, 21 November 2023 pukul 22:30 WITA dan sampai di kandang khusus Buaya, Tabang Zoo pada hari Rabu, 22 November pukul 11:30 WITA.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home