Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:53 WIB | Minggu, 12 November 2023

Blinken: Terlalu Banyak Warga Palestina Tewas dalam Serangan Israel terhadap Hamas

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, bicara pada media setelah menghadiri Dialog ”2+2” di New Delhi, India, pada hari Jumat (10/11). (Foto: Jonathan Ernst/pool via AP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, pada hari Jumat (10/11) mengatakan, “terlalu banyak” warga Palestina yang tewas dan menderita ketika Israel mengobarkan perang tanpa henti melawan kelompok militan Hamas di Jalur Gaza.

Dia mendesak Israel untuk meminimalkan kerugian terhadap warga sipil dan memaksimalkan bantuan kemanusiaan yang menjangkau mereka.

Berbicara kepada wartawan di New Delhi, Blinken mengatakan langkah Israel baru-baru ini untuk memperbaiki kondisi yang mengerikan di Gaza ketika militernya mendorong lebih jauh ke wilayah tersebut, termasuk menghentikan operasi militer untuk memungkinkan warga Palestina berpindah dari utara ke selatan Gaza dan penciptaan koridor aman kedua, sebagai positif namun belum cukup.

“Masih banyak yang perlu dilakukan untuk melindungi warga sipil dan memastikan bantuan kemanusiaan menjangkau mereka,” katanya. “Terlalu banyak warga Palestina yang terbunuh, terlalu banyak yang menderita dalam beberapa pekan terakhir, dan kami ingin melakukan segala kemungkinan untuk mencegah kerugian terhadap mereka dan memaksimalkan bantuan yang diberikan kepada mereka.”

Blinken menyampaikan hal tersebut saat ia menyelesaikan tur diplomatik intensif selama sembilan hari di Timur Tengah dan Asia: perjalanan kedua yang heboh di Timur Tengah sejak perang dimulai dengan serangan mematikan Hamas ke Israel selatan pada 7 Oktober.

Di Gaza yang dikuasai Hamas, Kementerian Kesehatan mengatakan pada hari Jumat (10/11) bahwa jumlah korban jiwa warga Palestina di jalur pantai telah melampaui 11.000 orang. Lebih dari 1.200 orang telah terbunuh di Israel, terutama dalam serangan awal Hamas.

Kunjungan Blinken sebagian besar terfokus pada perang di tengah meningkatnya kemarahan internasional atas kehancuran yang terjadi di Gaza dan tuntutan gencatan senjata segera. Baik Israel maupun Amerika Serikat tidak mendukung gencatan senjata karena mereka berpendapat Hamas akan memanfaatkan gencatan senjata tersebut untuk berkumpul kembali dan melancarkan serangan teror baru.

Blinken mengatakan AS telah mengajukan proposal tambahan tentang cara yang lebih baik untuk melindungi warga sipil tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Para pejabat AS mengatakan mereka ingin melihat Israel menerapkan “jeda kemanusiaan” yang lebih lama di wilayah-wilayah di luar jalur aman yang telah ditetapkan dan secara eksponensial memperluas jumlah bantuan yang masuk ke Gaza dari Mesir dengan meningkatkan arus konvoi truk bantuan.

AS juga tetap bertekad untuk menjamin pembebasan warga Israel dan sandera lainnya yang ditahan oleh Hamas, mengeluarkan semua orang asing yang ingin meninggalkan Gaza, mencegah kekerasan menyebar ke wilayah yang lebih luas, dan mulai merencanakan apa yang akan terjadi di Gaza pasca konflik, kata Blinken.

Mulai pekan lalu, misi maraton Blinken membawanya ke delapan negara: Israel, Yordania, Siprus, Irak, Turki, Jepang, Korea Selatan dan India, serta Tepi Barat. Tapi seperti yang dia lakukan pada tur Timur Tengah sebelumnya bulan lalu, dia menghadapi skeptisisme dan penolakan langsung.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, di Tel Aviv, hari Jumat (10/11) lalu menolak gagasan “jeda kemanusiaan,” dan mengatakan bahwa tekanan militer terhadap Hamas tidak dapat diredakan.

“Kami akan berusaha sekuat tenaga,” kata Netanyahu tak lama setelah Blinken memperingatkan bahwa warga Palestina sedang didorong ke arah radikalisme lebih lanjut yang dapat melanggengkan konflik Israel-Palestina yang belum terselesaikan dan membuat Israel berada pada risiko yang lebih besar.

Kemudian, para menteri luar negeri negara-negara Arab menuduh Israel melakukan kejahatan perang, menuntut gencatan senjata segera dan menolak seruan Blinken untuk melakukan perencanaan pasca konflik sebagai hal yang naif dan prematur, sementara kematian warga sipil terus meningkat.

“Negara-negara Arab menuntut gencatan senjata segera yang akan mengakhiri perang ini,” Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman al-Safadi, mengatakan kepada Blinken di Amman pada hari Sabtu.

Secara diplomatis, keadaan tidak terlihat lebih baik.

Selama perjalanan Blinken, Yordania dan Turki memanggil kembali duta besar mereka untuk Israel sebagai bentuk protes dan menjelaskan bahwa utusan Israel untuk negara mereka tidak akan diterima kembali sampai konflik selesai.

Selama akhir pekan, demonstrasi besar-besaran pro Palestina menentang perang dan dukungan AS terhadap Israel mengguncang ibu kota di seluruh dunia, memicu ketakutan akan kerusuhan di tengah meningkatnya insiden anti semit dan Islamofobia secara global.

Pada saat Blinken mengunjungi pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas, di Ramallah, singgah sebentar di Siprus, dan terbang ke Irak dan Turki pada hari Minggu, nampaknya ia hanya mendapat sedikit, atau bahkan tidak ada, dukungan untuk sebagian besar usulannya.

Namun secara pribadi, para pejabat AS mengatakan bahwa mereka membuat kemajuan bersama Netanyahu dalam hal jeda kemanusiaan dan peningkatan bantuan ke Gaza dan bahwa negara-negara Arab untuk sementara akan mendukung jeda sementara.

Meninggalkan Ankara pada hari Senin, Blinken mengakui upayanya masih dalam proses. Sementara para pejabat AS, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya untuk membahas pertimbangan internal, menegaskan bahwa prospek keberhasilan tidak terlalu suram.

Di Tokyo pada hari Selasa, di mana Blinken menghadiri pertemuan para menteri luar negeri dari negara-negara demokrasi industri terkemuka Kelompok Tujuh (G-7) yang diselenggarakan di Jepang, terdapat kekhawatiran bahwa blok tersebut, yang telah mengatasi perbedaan untuk tetap bersatu melawan perang Rusia di Ukraina, mungkin akan terpecah karena konflik di Timur Tengah.

Baik Jepang maupun Perancis, serta Uni Eropa, mengambil sikap yang tidak terlalu tegas dalam mendukung Israel. Prancis telah menyetujui resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata yang diveto oleh AS. Semua anggota G-7 lainnya abstain pada resolusi Majelis Umum yang serupa namun tidak mengikat yang ditolak oleh AS.

Di balik layar, para pejabat AS mengatakan momentumnya sedang berubah.

Para pejabat Israel mulai menerima gagasan bahwa jeda sementara dapat menguntungkan Israel secara militer dan menunjukkan kesediaannya untuk meringankan kesulitan sipil. Sementara itu, para pemimpin Arab, termasuk Perdana Menteri Irak, Mohammed Shia al-Sudani, meningkatkan upaya diam-diam untuk mencegah penyebaran konflik.

Setelah Blinken memperingatkan konsekuensi jika milisi yang didukung Iran terus menyerang fasilitas AS di Irak dan Suriah pada hari Minggu di Bagdad, al-Sudani telah melakukan perjalanan ke Teheran dan bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dalam sebuah tindakan positif, menurut para pejabat AS.

Dan, di Tokyo, setelah intervensi tertutup yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, G-7 bersatu dalam pernyataan dukungan yang kuat terhadap semua prioritas Blinken, termasuk kecaman tegas terhadap Hamas dan dukungan terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri.

Mereka juga mendukung jeda dan koridor kemanusiaan, perencanaan pasca konflik di Gaza, dan pemulihan proses untuk mewujudkan perdamaian abadi melalui solusi dua negara.

Ketika Blinken menyelesaikan pembicaraan bilateral dengan para pemimpin Korea Selatan di Seoul dan melakukan perjalanan ke India, Israel mengumumkan jeda kemanusiaan selama empat jam setiap hari, dengan pemberitahuan tiga jam sebelumnya, dan pembukaan koridor aman kedua bagi warga Palestina untuk meninggalkan Gaza utara untuk mencari bantuan dan keselamatan di selatan.

“Kami menghargai kenyataan bahwa” Israel akhirnya menyetujui jeda tersebut, kata Blinken saat dia singgah di New Delhi, lebih dari sepekan setelah memulai misinya.

“Seperti yang saya katakan, sejak awal, ini adalah sebuah proses dan tidak selalu mematikan lampu,” katanya. “Tapi kami telah melihat kemajuan. Kita hanya perlu melihatnya lebih banyak lagi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home