Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 20:07 WIB | Rabu, 23 November 2022

BNPB: Tim Gabung Fokus Mencari Korban Gempa Cianjur

Korban meninggal sebanyak 271 orang, 58 ribu mengungsi, ada seribu lebih yang mengalami luka-luka, dan 22 ribu lebih rumah rusak.
BNPB: Tim Gabung Fokus Mencari Korban Gempa Cianjur
Salah satu alat berat yang digunakan untuk membuka jalan yang tertimbun longsor pasca gempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11). (Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB/M. Arfari Dwiatmodjo)
BNPB: Tim Gabung Fokus Mencari Korban Gempa Cianjur
Presiden mengunjungi tenda pengungsian di Taman Prawatasari yang menjadi tempat tinggal sementara para warga yang terdampak gempa bumi. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
BNPB: Tim Gabung Fokus Mencari Korban Gempa Cianjur
Petugas menemukan jenazah korban tertimbun longsor akibat gempa di Kampung Pos, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). (Foto: Kompas)

CIANJUR, SATUHARAPAN.COM-Memasuki hari kedua pasca gempa Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11) lalu, tim gabungan lakukan penyelamatan dan pencarian korban terdampak. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, dan jajaran tinggi BNPB masih berada di Kabupaten Cianjur untuk turun langsung terlibat penanganan darurat bencana. 

Suharyanto mengatakan, beberapa hari pertama setelah terjadi bencana pencarian korban gencar dilakukan oleh semua lembaga terkait. 

"Fokus giat tanggap darurat dalam tiga  kali 24 jam pertama adalah pencarian dan penyelamatan warga terdampak. Berjalan paralel, sudah tergelar 14 titik pengungsian dengan fasilitas dapur umum, tenaga medis dan logistik yang memadai dan terus disempurnakan," kata Suharyanto di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11). 

Tercatat sebanyak 90 personil dengan kemampuan penyelamatan dan peralatan pendukung termasuk menggunakan anjung pelacak diterjunkan ke titik pencarian. 

"Pencarian hari ini di Sektor 1 Kampung Cugenang RT 02, Sektor 2 Kampung Rawa Cina Desa Nagrak, Sektor 3 Kampung Salakawung Desa Sarampat, Sektor 4 di Warung Sate Sinta," katanya. BNPB memastikan warga terdampak yang rumahnya rusak, akan mendapatkan dana hingga rumahnya dibangun kembali. 

Korban Jiwa

Data sementara yang berhasil dihimpun hingga Rabu (23/11) malam, terdapat 271 orang meninggal dunia. Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, sebelumnya mengatakan, korban yang sudah teridentifikasi sebanyak 122 jenazah, masih ada korban hilang sejumlah 151 orang, kita akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh korban ditemukan.

Kemudian data masyarakat yang mengungsi sejumlah 58.362 orang, luka-luka 1.083 orang, kerusakan infrastruktur seperti rumah yang rusak, totalnya berjumlah 22.198 unit. 

"Pengungsi pada hari ini sudah mendapatkan fasilitas lebih baik, tenda besar telah didirikan baik dari BNPB, pemerintah, TNI/Polri dan bantuan lembaga lainnya," lanjutnya. 

"Dapur umum telah beroperasi, kalau masih ada yang kurang dan belum terlayani, lambat laun akan kami perbaiki," katanya. 

Data, Informasi dan Bantuan Dikoordinasi Posko

Terkait banyaknya perbedaan data yang berkembang, Suharyanto berkata, pendataan masih terus dilakukan dan Posko telah didirikan, sehingga semua informasi tentang penanganan gempa Cianjur ini, secara resmi ialah yang dikeluarkan dari posko. 

"Setiap sore akan ada update penanganan bencana dari Posko Tanggap Darurat yang ada di Kantor Bupati Cianjur," imbuh Suharyanto 

Merespon banyaknya kepedulian masyarakat untuk memberikan dukungan penanganan pasca bencana, diharapkan semua berada di bawah pengelolaan posko. 

"Bantuan kepada masyarakat terdampak baik yang datang dari pemerintah pusat, kementerian atau lembaga dan unsur swasta, semua akan dipusatkan di posko dan pendistribusiannya akan melalui posko," jelas Suharyanto. 

Tenda Dijadikan Rumah Sakit Darurat

Meskipun dua rumah sakit di Kabupaten Cianjur ikut terdampak gempa, penanganan kesehatan tetap dapat dilakukan, tenda-tenda lapangan telah digelar di sekitar rumah sakit untuk dijadikan rumah sakit darurat. 

"RSUD Cianjur dan Rumah Sakit Sayang sudah beroperasi dan ditambah tenda lapangan termasuk tambahan tenaga kesehatan," imbuhnya. 

"Sebagian dirujuk ke rumah sakit di luar Kabupaten Cianjur, 100 pasien telah dikirim ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung," kata Suharyanto. 

Presiden Joko Widodo telah meninjau lokasi terdampak pada siang ini, beliau menyampaikan masyarakat yang rumahnya mengalami rusak berat akan mendapatksn bantuan 50 juta rupiah, rusak sedang 25 juta rupiah, dan rusak ringan sebesar 10 juta rupiah. 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home