Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:13 WIB | Rabu, 11 Januari 2017

BPBD Pontianak Padamkan Kebakaran Lahan Gambut

Ilustrasi: Upaya pemadaman kebakaran hutan di Rimbo Panjang, Pekanbaru, Riau. (Foto: Dok satuharapan.com/Antara)

PONTIANAK, SATUHARAPAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Sabtu (7/1), mengerahkan lima mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan lahan gambut yang terbakar.

"Ada sekitar satu hektare lahan gambut yang terbakar sejak Jumat (6/1) di Jalan Purnama Dua, Gang Usaha Bersama Dua, sehingga kami mengerahkan lima damkar dan didukung 50 personel untuk memadamkannya," kata Kepala BPBD Kota Pontianak Aswin Taufik di Pontianak, seperti diberitkan antaranews.com.

Ia mengatakan, memasuki Januari 2017, empat kali terjadi kebakaran lahan gambut di Jalan Purnama itu. Tidak mudah memadamkan lahan gambut yang terbakar itu karena bila tidak benar penyiramannya, titik api di dalam tanah gambut itu akan menyala lagi.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, BPBD Kota Pontianak menangani kebakaran lahan gambut dengan cara terus-menerus menyemprotkan air ke lahan yang terbakar itu.

"Karena kalau penyemprotan sampai di permukaan lahan gambut saja, api akan muncul lagi. Butuh waktu sembilan hingga 10 jam lamanya lahan yang terbakar itu terus-menerus dibasahi, barulah api bisa padam," katanya.

Kebakaran lahan gambut itu, menurut dia, bisa dengan cepat ditangani. Kalau tidak, kebakaran lahan itu bisa merembet hingga ke permukiman warga sekitar yang jaraknya tidak begitu jauh.

"Cepatnya penanganan juga tidak terlepas dari dukungan dari instansi terkait, yakni anggota TNI/Polri dan warga setempat," kata Aswin.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home