Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 22:49 WIB | Senin, 02 Maret 2020

CDC: Cara Efektif Cegah Tertular COVID-19, Bukan Masker

Penduduk Teheran, Iran mengenakan masker. CDC dan Menkes Indonesia meneybutkan bahwa masker tidak efektif untuk mencegah tertular COVID-19 dan tidak perlu bagi orang yang sehat. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengingatkan kembali bahwa masker wajah tidak efektif untuk mencegah seseorang terinfeksi virus corona baru.

Pernyataan itu diungkapkan karena banyak orang terburu-buru membeli masker muka ketika wabah virus corona. CDC tidak merekomendasikan orang yang tidak sakit memakai masker wajah untuk melindungi diri mereka dari penyakit.Selain tidak efektif, justru akan menghabiskan persediaan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan.

"Masker wajah harus digunakan oleh orang yang menunjukkan gejala COVID-19 untuk membantu mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain. Penggunaan masker wajah juga penting untuk petugas kesehatan dan orang yang merawat seseorang dalam hubungan dekat (di rumah atau di fasilitas perawatan kesehatan)," kata CDC di situs webnya.

Dalam akun Twitter pada hari Sabtu (29/2), Ahli Bedah Umum AS, Jerome Adams, juga meminta masyarakat umum untuk berhenti membeli masker. "Serius orang-BERHENTI MEMBELI MASKER!" tulisnya. "Masker TIDAK efektif dalam mencegah masyarakat umum dari tertular #Coronavirus, tetapi jika penyedia layanan kesehatan tidak bisa merawat pasien yang sakit, itu membuat mereka dan komunitas kita dalam risiko!"

Cara Terbaik Mencegah

CDC menyatakan bahwa cara terbaik bagi orang untuk mencegah infeksi adalah:

  1. Mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik;
  2. Menghindari kontak dengan orang sakit;
  3. Menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut; 
  4. Tinggal di rumah bagi mereka yang sakit;
  5. Menutupi ketika batuk atau bersin dengan tisu;
  6. Membersihkan dan mendisinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.

Sejauh ini ada 85.997 kasus yang dikonfirmasi virus corona COVID-19 atau SARS-CoV-2 yang dilaporkan di seluruh dunia, dan 2.941 orang telah meninggal karena penyakit ini.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home