Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 10:50 WIB | Jumat, 11 Maret 2016

Cegah Ketegangan Kawasan, RI Minta Korut Menahan Diri

Ilustrasi: Korea Utara menembakkan beberapa misil jarak pendek ke arah Laut Jepang pada pukul 10:00 pagi waktu setempat dari sebuah lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara seperti ditampilkan dalam sebuah foto yang dirilis oleh media resmi. (Foto: theguardian.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Indonesia meminta Korea Utara untuk menahan diri dari tindakan-tindakan provokasi yang dapat meningkatkan ketegangan di kawasan, pascapeluncuran dua rudal balistik di laut sebelah timur Kota Wonsan, hari Kamis pagi waktu setempat.

"Indonesia menyayangkan adanya langkah-langkah dari Korea Utara yang dapat mengakibatkan atau meningkatkan tensi di kawasan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Ruang Palapa Kemlu, Jakarta, hari Kamis (10/3).

Jubir Kemlu menambahkan tindakan-tindakan provokastif Korut dapat meningkatkan dan mengakibatkan berbagai ketidakstabilan di kawasan.

Oleh karena itu, Arrmanatha menegaskan bahwa Indonesia akan terus mendorong berbagai pihak yang terkait untuk dapat menahan diri agar stabilitas keamanan tetap terjaga.

"Indonesia meminta Korut agar selalu menghormati resolusi-resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk yang terakhir yang dikeluarkan Dewan Keamanan PBB," ujar dia.

Dewan Keamanan PBB mengeluarkan Resolusi 2270 pada 2 Maret 2016 setelah Korut melakukan uji coba nuklir keempat dan meluncurkan satelit untuk kedua kalinya pada 6 Januari dan 7 Februari lalu.

Resolusi tersebut berisi sejumlah sanksi atas Negara Komunis itu untuk mengekang program rudal dan nuklir Pyongyang.

Dewan Keamanan PBB kembali menyampaikan tuntutannya agar Korea Utara menghentikan semua program nuklirnya, termasuk senjata nuklir, senjata pemusnah massal dan program rudal balistik.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home