Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Melki Pangaribuan 12:34 WIB | Jumat, 02 Desember 2022

Cek Bantuan Set Top Box untuk TV Digital

Belasan ribu alat set top box (STB) sudah dukung TV Digital Riau. HO-Diskominfotik Riau.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan situs resmi supaya masyarakat bisa mengecek apakah mereka mendapatkan bantuan set top box untuk menonton siaran televisi terestrial digital.

Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia, Jumat (2/12, mengatakan situs untuk mengecek subsidi set top box cekbantuanstb.kominfo.go.id untuk saat ini bisa digunakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah yang terdampak analog switch off (ASO) 2 Desember.

"Sementara yang diaktifkan data rumah tangga miskin di wilayah ASO, yang rencana pelaksanannya disepakati oleh (stasiun) TV (swasta) tanggal 2 Desember pukul 24.00," kata Geryantika.

ASO pada Jumat dilakukan di wilayah Bandung dan sekitarnya, Yogyakarta dan Solo serta sekitarnya, Semarang dan sekitarnya dan Batam dan sekitarnya.

Masyarakat bisa mencari namanya dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) pada kolom pencarian di situs resmi dari Kementerian Kominfo itu. Jika terdaftar sebagai penerima bantuan set top box, masyarakat bisa menghubungi pusat bantuan (call center) 159.

Subsidi berupa set top box diberikan kepada rumah tangga miskin yang memenuhi syarat, satu rumah tangga mendapatkan satu unit set top box. Subsidi itu berasal dari lembaga penyiaran yang menjadi penyelenggara multipleksing siaran digital dan pemerintah, masing-masing memberikan sekitar 4,3 juta dan 1,3 juta unit.

Data terkini dari Kementerian Kominfo untuk distribusi set top box di wilayah yang melakukan ASO 2 Desember, realisasi distribusi di Jawa Barat sudah mencapai 99,42 persen baik bantuan dari pemerintah maupun penyelenggara multipleksing.

Distribusi set top box di Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah 100 persen. Pemberian set top box di Kota Batam juga sudah 100 persen.

Indonesia mulai beralih ke siaran televisi terestrial digital tahun ini untuk memperbaiki kualitas gambar dan audio siaran televisi serta menata spektrum frekuensi radio supaya bisa digunakan untuk memperluas akses internet. ANTARA 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home