Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 17:07 WIB | Kamis, 12 Oktober 2023

China Bebaskan Seorang Jurnalis Australia Setelah Tiga Tahun Dipenjara

Cheng Lei, seorang jurnalis Australia kelahiran China untuk CGTN, saluran berbahasa Inggris dari China Central Television, menghadiri acara publik di Beijing pada 12 Agustus 2020. Cheng yang bekerja untuk lembaga penyiaran negara China dan dihukum atas tuduhan spionase yang tidak jelas selama tiga tahun penahanannya di China telah dikembalikan ke Australia, kata Perdana Menteri Anthony Albanes pada Rabu, 11 Oktober 2023. (Foto: dok. AP/Ng Han Guan)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM-Seorang jurnalis China-Australia yang divonis bersalah atas tuduhan spionase dan ditahan di China selama tiga tahun telah kembali ke Australia, kata Perdana Menteri Anthony Albanese pada hari Rabu (11/10).

Cheng Lei, 48 tahun, bekerja di departemen internasional CCTV penyiaran negara China. Dia telah bertemu kembali dengan kedua anaknya di Melbourne, kata Albanese.

Kepulangannya terjadi menjelang rencana kunjungan Albanese ke Beijing tahun ini pada tanggal yang belum diumumkan. Dia akan menjadi perdana menteri Australia pertama yang mengunjungi ibu kota China dalam tujuh tahun.

Albanese mengatakan Australia tidak melakukan apa pun dengan China terkait pembebasan Cheng. “Pembebasannya menyusul selesainya proses peradilan di China,” katanya.

Kementerian Keamanan Negara China mengatakan bahwa Cheng telah didekati oleh organisasi asing pada Mei 2020 dan memberi mereka rahasia negara yang diperolehnya saat bekerja, yang melanggar klausul kerahasiaan yang ditandatangani dengan perusahaannya. Pernyataan polisi tidak menyebutkan nama organisasi tersebut atau menyebutkan rahasianya.

Pengadilan di Beijing memvonisnya karena memberikan rahasia negara secara ilegal ke luar negeri dan dia dijatuhi hukuman dua tahun 11 bulan, kata pernyataan itu. Dia dideportasi pada hari Rabu (11/10) setelah menjalani hukumannya, mungkin karena dia sudah ditahan selama itu.

“Kembalinya dia mengakhiri beberapa tahun yang sangat sulit bagi Cheng dan keluarganya,” kata Albanese. “Pemerintah telah mengupayakan hal ini sejak lama dan kepulangannya akan disambut dengan hangat tidak hanya oleh keluarga dan teman-temannya tetapi juga oleh seluruh warga Australia.”

Akun FreeChengLei di X, sebelumnya bernama Twitter, memposting foto Cheng bersama Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, dan Duta Besar Australia untuk China, Graham Fletcher.

Postingan tersebut menyertakan kutipan, tampaknya dari Cheng, yang berbunyi: “Pelukan erat, jeritan berlinang air mata, menggendong anak-anak saya di bawah sinar matahari musim semi. Pepohonan bergoyang tertiup angin. Saya bisa melihat keseluruhan langit sekarang! Terima kasih orang Australia.”

Pemerintah Albania telah melobi pembebasan Cheng dan seorang warga Australia keturunan China lainnya yang ditahan di China sejak tahun 2019, Yang Hengjun.

Hubungan bilateral telah membaik sejak Partai Buruh berhaluan kiri-tengah Albanese terpilih setelah sembilan tahun pemerintahan konservatif. Beijing telah mencabut beberapa hambatan perdagangan resmi dan tidak resmi terhadap ekspor Australia.

Referensi Albanese terhadap sistem peradilan China menunjukkan bahwa Cheng baru-baru ini dijatuhi hukuman setelah dia dinyatakan bersalah dalam persidangan tertutup tahun lalu atas tuduhan keamanan nasional.

Saat ditanyai oleh seorang wartawan, Albanese mengatakan China tidak mengakui melalui pembebasan Cheng bahwa dia tidak memberikan ancaman atau telah ditahan secara tidak sah. “Tidak, China tidak akan mengatakan bahwa itulah posisinya. China akan mengatakan bahwa proses peradilan di China telah selesai,” kata Albanese.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan bahwa sistem peradilan China mengadili kasus ini “sesuai dengan hukum, sepenuhnya melindungi hak-hak yang dinikmati oleh yang bersangkutan menurut hukum.”

Albanese mengatakan dia berbicara dengan Cheng di Melbourne, tempat anak-anaknya tinggal bersama ibunya, dan bahwa mereka membahas surat yang ditulisnya kepada masyarakat Australia pada bulan Agustus untuk menandai ulang tahun ketiga penahanannya. Jurnalis kelahiran China ini berbicara dalam suratnya tentang kecintaannya pada negara angkatnya.

Dalam surat tersebut, dia juga menjelaskan kondisi kehidupannya di tahanan di China, dan mengatakan dia hanya diperbolehkan berdiri di bawah sinar matahari selama 10 jam dalam setahun.

“Dia adalah orang yang sangat kuat dan tangguh… dan ketika saya berbicara dengannya dia senang bisa kembali ke Melbourne,” kata Albanese.

Albanese tidak mengatakan apakah Yang juga kemungkinan akan dibebaskan. “Kami terus mengadvokasi kepentingan, hak, dan kesejahteraan Dr. Yang kepada otoritas China di semua tingkatan,” kata Albanese.

Yang, seorang penulis dan blogger demokrasi berusia 58 tahun, mengatakan kepada keluarganya pada bulan Agustus bahwa dia khawatir dia akan meninggal di pusat penahanan Beijing setelah didiagnosis menderita kista ginjal, sehingga mendorong para pendukungnya untuk menuntut pembebasannya untuk perawatan medis.

Yang telah ditahan di China sejak Januari 2019, ketika dia tiba di Guangzhou dari New York bersama istri dan putri tirinya yang masih remaja. Yang menerima persidangan tertutup atas tuduhan spionase di Beijing pada Mei 2021 dan masih menunggu keputusan.

Teman Yang, akademisi Universitas Teknologi Sydney, Feng Chongyi, mengatakan pada hari Rabu (11/10) bahwa putusan telah ditunda selama tiga bulan sebanyak 11 kali dan kemungkinan putusan berikutnya adalah pada bulan Januari.

Dia mengatakan pembebasan Cheng merupakan kabar baik bagi Yang. “Saya berharap Yang diperlakukan dengan cara yang sama. Mengingat kesehatan Yang yang buruk, pembebasannya sebenarnya lebih mendesak,” kata Feng. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home