Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 17:58 WIB | Sabtu, 06 Februari 2021

Christopher Plummer, Bintang “The Sound Of Music” Meninggal Dunia

Christopher Plummer, Bintang “The Sound Of Music” Meninggal Dunia
Christopher Plummer. (Foto: dok. AP)
Christopher Plummer, Bintang “The Sound Of Music” Meninggal Dunia
Christop Christopher dan piala Oscar. (Foto: dok. Reuters)
Christopher Plummer, Bintang “The Sound Of Music” Meninggal Dunia
Christopher Plummer dan Julie Andews. (Foto: dok. Reuters)
Christopher Plummer, Bintang “The Sound Of Music” Meninggal Dunia
Christopher Plummer sebagai Kapten von Trapp di “The Sound Of Music”. (Foto: dok. Ist.)

CONNECTICUT, SATUHARAPAN.COM-Christopher Plummer, aktor yang berperan sebagai duda Kapten von Trapp bersama Julie Andrews dalam film musikal blockbuster 1965 "The Sound Of Music" dan pada tahun 2012 menjadi aktor tertua yang memenangkan Oscar, meninggal pada usia 91, kata teman dan manajer pada hari Jumat (5/2).

"Dunia telah kehilangan seorang aktor yang sempurna hari ini dan saya telah kehilangan seorang teman yang saya cintai," kata Andrews dalam sebuah pernyataan. “Saya menghargai kenangan dari kerja sama kami dan semua humor dan kesenangan yang kami bagi selama bertahun-tahun.”

Plummer meninggal dengan damai di rumahnya di Connecticut dengan istrinya Elaine Taylor di sisinya. "Chris adalah pria luar biasa yang sangat mencintai dan menghormati profesinya dengan tata krama kuno yang hebat, humor yang mencela diri sendiri, music dan kata-kata," kata manajer Lou Pitt dalam sebuah pernyataan.

Plummer, seorang aktor untuk beberapa karya Shakespeare yang dihormati atas beragam pekerjaan panggung, televisi dan film dalam karirnya yang berlangsung lebih dari enam decade. Ia terkenal karena perannya dalam "The Sound Of Music," yang pada saat itu melampaui "Gone With the Wind ”(1939) sebagai film berpenghasilan tertinggi yang pernah ada.

Pada usia 82 tahun, ia menjadi aktor tertua yang mendapatkan Oscar saat ia menang untuk peran pendukung dalam film "Beginners" sebagai pria tua yang keluar sebagai gay. Salah satu peran utama terakhirnya adalah sebagai komedi gelap pada "Knives Out" tahun 2019.

Tentang “The Sound Of Music”

Plummer tampil di lebih dari 100 film dan juga dinominasikan untuk Oscar untuk perannya sebagai penulis Rusia, Leo Tolstoy, dalam "The Last Station" tahun 2009. Dia memenangkan dua Tony Awards untuk karyanya di Broadway, dua Emmy Awards untuk pekerjaan TV dan tampil untuk beberapa perusahaan teater top dunia.

Namun bagi banyak penggemar, kariernya ditentukan oleh penampilannya sebagai duda yang tegas dalam "The Sound Of Music", peran yang disebutnya "sosok kardus, tanpa humor, dan satu dimensi". Dalam otobiografinya tahun 2008 "In Spite Of Myself," Plummer merujuk pada film dengan akronim nakal "S&M."

Dia membutuhkan empat dekade untuk mengubah pandangannya tentang film tersebut dan menganggapnya sebagai "film yang luar biasa" yang membuatnya bangga. Film sentimental Sutradara Robert Wise itu mengikuti nyanyian keluarga von Trapp dan pelarian mereka pada tahun 1938 dari Nazi Jerman setelah "kapten dengan tujuh anak," Plummer, jatuh cinta dengan calon biarawati yang diperankan oleh Andrews. Film ini memenangkan Academy Award sebagai film terbaik tahun 1965.

“Awalnya saya telah menerima tawaran Robert Wise hanya karena saya ingin mengetahui bagaimana rasanya berada dalam komedi musikal,” tulis Plummer dalam bukunya. “Saya punya rencana rahasia suatu hari mengubah 'Cyrano de Bergerac' menjadi musikal Broadway. Oleh karena itu, 'S&M' akan menjadi latihan yang sempurna untuk persiapan acara seperti itu."

Dia mengatakan bahwa dia belum pernah menyanyi sebelumnya, "bahkan di kamar mandi," sebelum mengambil peran yang mengharuskannya menyanyikan lagu "Edelweiss". Dia menyalahkan "gaya vulgar"-nya sendiri atas keinginan untuk membintangi ekstravaganza Hollywood yang besar dan heboh.

"Dan ya, baiklah, saya akui, saya juga seorang anak muda yang manja, sombong, bajingan, dimanja oleh terlalu banyak peran teater yang hebat," tulisnya. "Meski kelihatannya menggelikan, saya masih menyimpan keangkuhan aktor panggung kuno terhadap pembuatan film." (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home