Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:25 WIB | Rabu, 09 September 2020

Daerah Didorong Kerja Sama Laboratorium Swasta untuk Lebih Banyak Tes COVID-19

Data terbaru hari Selasa (8/9) tentang kasus COVID-19 secara nasional di Indonesia dari Satgas COVID-19. (Foto: covid19.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah daerah diminta untuk menjalin kerja sama dengan laboratorium-laboratorium swasta setempat untuk meningkatkan hasil tes COVID-19 agar tidak terjadi ketimpangan antar daerah. 

"Ketimpangan dalam testing (COVID-19) per daerah disebabkan ada perbedaan kemampuan sumber daya yang dimiliki tiap daerah. Di antaranya ketersediaan lab testing berikut SDM-nya," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Jakarta, hari Selasa (8/9). 

Satgas mendorong daerah menambah laboratorium testing-nya, termasuk melakukan kerja sama dengan laboratorium-laboratorium swasta setempat, khususnya pada kota-kota besar yang menjadi poros aktivitas sosial ekonomi.

Saat ini telah banyak tes yang mencapai target standar World Health Organization (WHO), yaitu 1000 per 1 juta penduduk tiap minggunya. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan per 6 September 2020, ada beberapa daerah yang telah melampaui standar dimaksud, termasuk DKI Jakarta telah mencapai angka 3.084 orang yang diperiksa.

Provinsi lainnya, Kalimantan Timur mencapai 2.157 orang, DI Yogyakarta mencapai 1.198 orang, Sulawesi Utara ada 1.197 orang dan Kalimantan Selatan ada 1.128 orang. 

Namun demikian beberapa provinsi yang memiliki pasien COVID-19 dalam jumlah cukup besar masih belum mencapai target testing. Seperti Jawa Tengah 411 orang, Jawa Barat 301 dan Jawa Timur 480 orang.(covid19.go.id)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home