Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:36 WIB | Kamis, 09 Februari 2017

Debat Ketiga Pilkada DKI Bertemakan Kependudukan

Dari kiri ke kanan: Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Pencalonan dan Kampanye, Dahlia Umar, Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Logistik, M. Fadlillah, Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Pemutakhiran Data Pemilih, Moch Sidik pada Konferensi Pers Persiapan Debat Ketiga Pilkada DKI Jakarta tahun 2017, di KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta, hari Kamis (9/2). (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Sumarno mengatakan debat ketiga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta mengambil tema kependudukan. Tema tersebut dipilih KPU DKI Jakarta karena kependudukan merupakan masalah krusial.

“Debat putaran ketiga kita akan mengambil tema tentang masalah kependudukan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Jakarta,” kata Sumarno dalam Konferensi Pers Persiapan Debat Ketiga Pilkada DKI Jakarta tahun 2017, di KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta, hari Kamis (9/2).

Sumarno mengemukakan tema kependudukan diambil karena masalah kependudukan merupakan masalah yang krusial bagi Jakarta, karena besarnya arus penduduk di Jakarta yang menimbulkan berbagai masalah mulai dari kriminalitas, eksploitasi anak, perdagangan narkoba, dan lain sebagainya.

“Dengan sub tema perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, pemberantasan narkoba dan bagaimana ibu kota yang ramah disabilitas,” kata Sumarno.

Debat Pilkada DKI yang terakhir, kata Sumarno, akan berlangsung Jumat (10/2) di Hotel Bidakara, Jakarta.

Terkait persiapan logistik untuk hari pencoblosan, Sumarno mengemukakan KPU DKI Jakarta sudah mengedarkan surat C6 bagi pemilih ke berbaga KPU di tingkat Kota dan Kabupaten. “Formulir C6 adalah pemberitahuan untuk memilih (mencoblos),” kata dia.

Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Pencalonan dan Kampanye, Dahlia Umar, mengatakan durasi untuk debat Pilkada masih sama dengan dua debat resmi sebelumnya. “Debat masih sama durasinya dua jam,” kata dia.

Dia mengemukakan di debat ketiga, pada segmen pertama, selain pasangan calon (paslon) memberi pemaparan tentang visi dan misi yang terkait kependudukan, segmen tersebut akan diakhiri dengan tanya jawab.   

Dahlia menambahkan di segmen dua dan tiga juga akan dilakukan tanya jawab antara moderator dan pasangan calon, kemudian segmen empat dan lima sesi tanya jawab antar pasangan calon. “Segmen terakhir, yakni keenam para pasangan calon menyampaikan pertanyaan pamungkas dan closing statement,” kata Dahlia.

“Panelis sudah kami pilih dan merumuskan pertanyaan,” kata Dahila.

Pemungutan suara Pilgub DKI itu sendiri akan dilaksanakan pada Rabu (15/2) mendatang dengan tiga pasangan calon yang ikut serta, yakni pasangan nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, serta pasangan nomor urut tiga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home