Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:00 WIB | Selasa, 17 Maret 2020

Fakta Penularan COVID-19 di Asia dan Australia

Peta dunia tentang penyebaran virus corona baru (COVID-19) hingga Senin (16/3). (Foto dari Business Insider).

SATUHARPAN.COM-Sejak muncul pada akhir Desember dari kota Wuhan, China, virus corona baru yang dinamai COVID-19 telah menyebar ke setidaknya 145 negara hingga hari Senin (16/3).

Dampak sosial dan ekonomi akibat penyakit yang oleh WHO disebut sebagai pandemi ini tampaknya lebih besar terhadap kehidupan warga. Ini terjadi akibat penutupan kota, pembatasan perjalanan, pembatalan berbagai kegiatan olah raga, budaya dan keagamaan, serta penurunan kegiatan ekonomi.

Berikut ini beberapa fakta tentang kematian dan infeksi akibat pandemi COVID-19 hingga Senin (16/3) di Asia dan Australia.

  1. Daratan China melaporkan penurunan kasus baru pada hari Minggu (15/3), tetapi kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai terus bergulat dengan kasus baru infeksi dari wisatawan yang datang dari luar negeri. China sekarang telah mencatat 80.848 kasus dan 3.213 kematian.
  2. China telah mengirim penerbangan ke Milan, Italia untuk menjemput warga negara dan pelajar di sana, menurut CCTV milik pemerintah, hari Senin (16/3).
  3. Korea Selatan melaporkan 74 kasu baru infeksi virus corona pada hari Senin (16/3), menjadikan total kasus di negara itu menjadi 8.236 orang.
  4. Thailand yang memiliki 114 kasus yang dikonfirmasi dengan hanya satu orang meninggal, berencana untuk menutup sekolah, bar, bioskop, arena adu ayam serta menunda liburan Tahun Baru Thailand bulan depan.
  5. Malaysia memiliki jumlah kasus terkonfirmasi terbesar di Asia Tenggara, dengan 125 kasus baru dilaporkan pada hari Senin (16/3), sehingga jumlah keseluruhan menjadi 553 kasus. Pemerintah baru Malaysia mengumumkan pada hari Senin paket stimulus senilai US$ 230 juta.
  6. Filipina sekarang memiliki total 142 kasus hingga hari Senin (16/3). Presiden Rodrigo Duterte mengatakan pulau utama negara itu, Luzon, akan berada di bawah karantina rumah sampai 12 April dan mengatakan kepada publik untuk mengindahkan perintah polisi dan tentara, atau ditangkap.
  7. Afganistan memiliki 21 kasus yang dikonfirmasi, sebagian besar di Herat. Hampir 70.000 warga Afghanistan telah kembali dari Iran yang dilanda virus dalam 20 hari terakhir.
  8. Ibu kota Australia dan negara bagian terpadat kedua di negara itu menyatakan keadaan darurat pada hari Senin (16/3), sementara pertemuan besar dan tidak penting dilarang. Australia telah mencatat hampir 300 kasus virus corona.
  9. Indonesia mencatat 134 kasus hingga hari Senin (16/3), bertambah 17 kasus dari hari Minggu (15/3). Selain itu, lima penderita dilaporkan meninggal, dan delapan orang terinfeksi dinyatakan sembuh. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home