Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:41 WIB | Minggu, 18 Februari 2024

Gempa Bumi Berkekuatan 4,1 Guncang Jembrana, Bali

Peta lokasi pusat gempa. (Foto: BMKG)

JEMBRANA, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi berkekuatan 4,1 mengguncang wilayah barat daya Jembrana, Bali, hari Sabtu (17/02/2024), malam hari.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG menyebutkan bahwa gempa terjadi pada pukul: 23:47:28 WIB. Pusat gempa pada koordinat 8.38 LS dan 114.49 BT, pada kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa ini berada di laut sekitar 12 kilometer barat daya Jembrana, Bali yang merasakan getaran pada skala (MMI) III. Wilayah Banyuwangi di Jawa Timur juga merasakan getaran yang sama.

BMKG juga mencatat sejak pukul 07:45 WIB hari MInggu (18/2)terjadi 15 kali gempa susulan, bermagnitudo 2,9.

Daryono, dari  Pusat Gempa Bumi BMKG di Jakarta, menjelaskan gempa bumi tersebut menimbulkan guncangan di daerah Banyuwangi dan Jembrana dan sekitarnya dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu.

Analisa BMKG mendapati gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang timbul akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

Dia memastikan berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home