Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:55 WIB | Sabtu, 29 September 2018

Gempa Donggala akibat Aktivitas Sesar Palu Koro

Ilustrasi. Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). (Foto: Antaranews.com/HO/pras)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menunjukkan gempa bumi yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, akibat aktivitas sesar Palu Koro.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar Palu Koro," kata Kepala Humas BMKG Hary Djatmiko yang dihubungi di Jakarta, Sabtu (29/9).

Dia mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa tersebut dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (Slike-Slip).

Hingga pukul 05.00 WIB tercatat 87 kali gempa bumi susulan terjadi pascagempa berkekuatan 7,4 SR pada Jumat (28/9), pukul 17.02 WIB. Sebelumnya BMKG mencatat kekuatan gempa dengan magnitudo 7,7 SR.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tsunami pascagempa tersebut, dan terpantau terjadi tsunami di Mamuju setinggi enam sentimeter dan pantai Palu dengan ketinggian 1,5 meter pada pukul 17.27 WIB. Setelah tsunami surut, BMKG mengakhiri peringatan dini tsunami pada pukul 17.36 WIB.

Akibat bencana tersebut sejumlah bangunan rusak dan arus listrik serta saluran  telekomunikasi  dari berbagai operator di Palu mati. Selain itu, dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka-luka yang masih terus didata. (Antaranews.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home