Loading...
SAINS
Penulis: Melki 06:56 WIB | Kamis, 25 April 2024

Generasi Muda Aceh Ikrar jaga Alam

Sejumlah kaum muda Aceh dari berbagai lintas komunitas menyerukan ikrar "Jaga Alam, Jaga Kita" dalam aksi memperingati Hari Bumi, di Simpang Lima Banda Aceh, Rabu (24/4/2024). (ANTARA)

BANDA ACEH, SATUHARAPAN.COM - Generasi muda Aceh dari berbagai lintas komunitas menyerukan ikrar "Jaga Alam, Jaga Kita" dalam aksi memperingati Hari Bumi 2024 di Simpang Lima, Banda Aceh.

"Jaga Alam dan Jaga Kita diambil sebagai tema pada peringatan Hari Bumi, dan bentuk kesadaran kepada kaum muda bahwa apa yang kita berikan untuk alam, pasti akan kita terima kembali," kata koordinator aksi itu, Aris Munandar, di Banda Aceh, Rabu (24/4).

Ia menyampaikan, dalam aksi ini mereka juga menyerukan tujuh janji kaum muda untuk menjaga bumi Aceh, diantaranya komitmen bertindak aktif memulihkan bumi dan melawan setiap kebijakan pemerintah yang merusak alam serta merugikan rakyat kecil.

Kemudian, mengingatkan pemerintah untuk melindungi bumi Aceh dari ancaman risiko bencana ekologis, krisis iklim, bersepakat membangun kekuatan kolektif memastikan tumbuhnya demokrasi, hingga terpenuhinya keadilan ekologis dan antar generasi.

Selanjutnya, memastikan negara meninggalkan sistem pro kapitalisme dan beralih pada konsep ekonomi kerakyatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal serta hak asasi manusia.

"Kami orang muda Aceh juga akan mengawal pemerintah pusat dan Aceh dalam menentukan kebijakan yang pro lingkungan hidup dan rakyat Aceh," ujarnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home