Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 12:17 WIB | Kamis, 25 April 2024

167 Siswa SLTAK PENABUR Jakarta Lolos PTN Jalur SNBP 2024, Simak Tipsnya!

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) (foto :BPKPJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbduristek) melalui laman resmi mengumumkan pelajar yang lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada 26 Maret 2024 lalu.

Sebanyak 167 pelajar SLTAK PENABUR Jakarta dinyatakan lolos SNBP 2024. Diantaranya 24 siswa SMAK 1 PENABUR, 3 siswa SMAK 2 PENABUR, 14 siswa SMAK 3 PENABUR, 4 siswa SMAK 4 PENABUR, 13 siswa SMAK 5 PENABUR, 2 siswa SMAK 6 PENABUR, 19 siswa SMAK 7 PENABUR, 22 siswa SMAK PENABUR Gading Serpong, 14 siswa SMAK PENABUR Kota Tangerang, 11 siswa SMAK PENABUR Bintaro Jaya, 19 siswa SMAK PENABUR Harapan Indah, 9 siswa SMAK PENABUR Summarecon Bekasi, 9 siswa SMAK PENABUR Kota Wisata, dan 4 siswa SMAK PENABUR Kota Jababeka.

Lolos SNBP 2024 Fakultas Kedokteran di Universitas Indonesia (UI) adalah impian yang menjadi kenyataan bagi Agatha Christabelle Basti, siswa SMAK 2 PENABUR. “Sejak kecil setiap ditanya ‘apa cita-citamu?’, saya selalu jawab ‘aku ingin jadi dokter’. Keinginan ini semakin kuat ketika melihat dokter yang bekerja di rumah sakit, ditambah lagi saya sering menonton film maupun drama yang berkaitan dengan kedokteran.” ungkapnya.

Demi mewujudkannya, Agatha menyusun strategi sedari dini, “Pertama, saya mulai membangun pemahaman yang kuat di pelajaran IPA sejak SD. Setiap kali guru menjelaskan saya selalu mencatat hal-hal penting agar mudah diingat. Kemudian, melatih diri berpikir kritis dan sistematis karena menurut saya ini penting ketika menjadi dokter kelak, terutama saat memilih keputusan yang bijak dalam menangani pasien. Lalu, saya juga mengikuti ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah sebagai penunjang skill.

Fokus untuk berhasil dalam SNBP 2024, Agatha mempersiapkan diri sejak pertama kali duduk di bangku SMA. Mulai kelas sepuluh, Ia mengatur agar rata-rata nilai nya melampaui KKM dan secara konsisten terus meningkat di semester-semester selanjutnya. Lalu, Agatha juga mengikuti berbagai kompetisi guna menunjang prestasinya, seperti Indonesian Youth Science Competition (IYSC) 2022 dan Future Scientist Olympiad (FUSO) 2023 bidang Biologi dimana Ia meraih medali emas.

Selain berprestasi, Agatha juga dikenal sebagai siswa yang aktif dalam kegiatan di sekolah mulai dari mengikuti kepanitian hingga ekstrakurikuler, “Saya menjadi pengurus PMR tahun 2022-2023 menjabat sebagai sekretaris serta anggota dalam chemistry science club. Saya juga terlibat menjadi panitia pada acara REXAR - class meeting SMAK 2 PENABUR.”

Tips lainnya datang dari Deo Servant F. K. Saragih Sumbayak, siswa SMAK 1 PENABUR yang diterima Fakultas Psikologi UI dan Varel Christian Sinay, siswa SMAK 2 PENABUR yang masuk di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) program studi Ilmu Aktuaria.

⁠”Saya memilih PTN sebagai tujuan melanjutkan pendidikan karena memiliki peluang kerja yang lebih tinggi.” ungkap Varel yang memilih Ilmu Aktuaria. Jurusan yang sesuai dengan minat juga menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan, seperti kesukaan Varel pada matematika dan statistika, dua mata pelajaran penting dalam jurusan yang dipilihnya.

Psikologi adalah ilmu yang menarik hati Deo, berangkat dari keresahan ketika melihat teman-temannya yang tidak punya ruang untuk membagikan keluh kesah yang mereka miliki. Baginya, dengan mendengarkan orang lain berbagi pengalaman baik itu sedih maupun senang bisa memperkaya hidupnya.

“Saya berusaha menyeimbangkan belajar dan bermain bersama teman-teman maupun dalam melakukan hobi. Jadi, saya tidak merasa terbebani untuk belajar. Kalau di sekolah, saya cukup memerhatikan pelajaran dengan baik serta mencatat materi yang diterangkan guru.” ungkap Deo. Ia juga fokus  belajar agar rata-rata nilai yang diraih terus meningkat sepanjang kelas sepuluh hingga sebelas.

Agatha, Deo, dan Varel sangat dibantu oleh sekolah dalam menentukan jurusan PTN yang mereka ambil, “Guru Bimbingan Konseling (BK) memberikan berbagai macam informasi mengenai kampus di dalam maupun luar negeri. Ketika saya mengajukan pertanyaan tentang informasi seputar universitas yang ingin diketahui, saya langsung menghubungi guru tersebut.”  ujar Deo.

Dalam kurun waktu 2 hingga 3 bulan, Agatha, Deo, dan Varel memutuskan jurusan serta PTN apa yang ingin dituju, “Dalam mengambil keputusan saya tentunya berdoa kepada Tuhan, diskusi dengan orang tua mengenai rencana ke depan terkait psikologi.” tutur Deo yang pernah mengikuti ajang PICF 2022 dan menjadi panitia dalam SMAK One Cup 2023, serta aktif di Pramuka sebagai Dewan Ambalan SMAK 1 PENABUR.

“Bagi teman-teman yang ingin lolos SNBP sesuaikan nilai rapor kalian dengan jurusan PTN yang dituju. Selain itu, penting juga aktif mengikuti berbagai kompetisi terkait jurusan yang dituju untuk menunjang prestasi.” pesan Varel yang menjadi tim inti futsal SMAK 2 PENABUR sekaligus pengurus peer educator dan PMR tahun 2022-2023.

Enche Gunawan, Kepala Jenjang SLTAK PENABUR Jakarta menyampaikan bahwa sekolah, siswa, dan orang tua perlu berkolaborasi untuk menggali talenta siswa baik dari sisi akademik maupun non akademik agar berhasil lolos SNBP, “Konsisten dalam pencapaian nilai akademik dari kelas X-XII diimbangi dengan prestasi non akademik penting dilakukan siswa.” ungkapnya.

“Saya berpesan bagi siswa yang lolos PTN jalur SNBP 2024 agar tetap rendah hati dan selalu berbagi kepada sesama. Perjuangan sesungguhnya baru dimulai. Jadilah lilin kecil yang menyala bagi sekelilingmu dan duta PENABUR yang menjunjung tinggi almamater.” ucap Enche.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home