Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 07:13 WIB | Rabu, 04 November 2015

Gereja Ekumenis Dunia Tegaskan Dukung Advokasi Disabilitas

Peserta berkumpul untuk membahas Konvensi PBB tentang Hak Penyandang Cacat. (Foto: WCC/Dr Samuel Kabue)

KINGSTON, SATUHARAPAN.COM – The Ecumenical Disability Advocates Network (EDAN) dari Dewan Gereja Dunia (WCC/World Council of Churches) bekerja sama dengan Dewan Misi Dunia (CWM/Council for World Mission), dan International Disability Alliance (IDA) menyelenggarakan seminar dua hari pada Sidang PBB (UN) mengenai Hak Penyandang Disabilitas.

Sekretaris Eksekutif EDAN Dr Samuel Kabue dan Petugas HAM IDA Victoria Lee menjadi pembicara dalam seminar di Kingston, Jamaika (22-23/10).

Sekretaris Regional Gereja Inggris di Jamaika dan Kepulauan Cayman Rev Norbert Stephens memberikan sambutan kepada peserta sekaligus memimpin dalam doa. Koordinator EDAN Karibia Pdt Dr Gordon Cowans memberikan sambutan kepada peserta yang mewakili organisasi non-pemerintah (LSM), organisasi advokasi hak-hak penyandang disabilitas, lembaga pemerintah, dan gereja.

Sekretaris Umum  Dewan Gereja Jamaika (Jamaica Council of Churches/JCC) Pendeta Gary Harriot menegaskan kembali komitmen badan interdenominasi untuk advokasi kepada para penyandang disabilitas. “Secara pribadi, saya tersentuh oleh pengalaman dalam persekutuan dengan anggota komunitas EDAN Sidang Raya ke-10 WCC di Korea Selatan yang terus ditantang oleh pekerjaan dan visinya,” ujarnya.

Dia juga berbicara tentang hak-hak para penyandang disabilitas dan menantang gereja untuk dapat mendukung dan melayani dengan seluruh fasilitas gereja di Jamaika demi masa depan para penyandang disabilitas.

Sekretaris RegionalCWM Karen Francis mengatakan bahwa "sebagai sebuah keluarga di CWM, kami berkomitmen untuk bekerja meneguhkan hidup masyarakat.” Dia mengacu pada kata-kata mantan Sekretaris Program CWM Wahyu Randolph Turner: "sangat penting untuk pemulihan ‘shalom’ dan keadilan dalam keseluruhan ciptaan Tuhan. Dengan demikian, kami percaya bahwa masyarakat yang meneguhkan hidup adalah masyarakat inklusif. Berkat para penyandang disabilitas, kami dapat mendorong batas-batas norma untuk memastikan bahwa hak-hak mereka dalam masyarakat untuk berekspresi mendapatkan tempat yang otentik juga dalam komunitas gereja."

Para peserta didorong untuk bersuara dan memastikan bahwa gereja dan masyarakat merangkul semuanya.

Dalam serangkaian sesi yang sangat interaktif, fasilitator internasional yang dibawakan hampir 40 peserta menjadi suatu pemahaman yang lebih dalam peluang untuk beradvokasi dan menggunakan Konvensi PBB sebagai batu loncatan. Kabue dan Lee juga menyajikan konteks sejarah, penciptaan konvensi, serta menguraikan prinsip-prinsip membimbing.

Peserta mendapat banyak manfaat dari proses dan prosedur yang diadopsi oleh Komite Konvensi dan jumlah peluang bagi organisasi untuk berpartisipasi dalam pekerjaan advokasi di tingkat internasional dalam upaya untuk mempengaruhi inisiatif positif oleh pihak negara.

Tercipta komitmen baru dalam cara berkolaborasi di tingkat nasional antar LSM. Hasilnya, semua pihak sepakat untuk mengakses banyak peluang untuk memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas menggunakan konvensi sebagai instrumen utama dengan tetap menghargai nilai konvensi lainnya.

Peserta sepakat bahwa ada banyak informasi yang berguna untuk mengejar tantangan advokasi. Terdapat kesepakatan untuk berupaya secara kolaboratif untuk mengejar advokasi bagi pemerintah untuk membuat laporan kepada Komite Ahli PBB. (oikoumene.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home