Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:43 WIB | Rabu, 11 Oktober 2023

Hamas: Iran dan Hizbullah Tidak Ikut Serangan ke Israel, Namun Akan Membantu Jika Diperlukan

Ali Barakeh, anggota kepemimpinan Hamas di pengasingan, berbicara saat wawancara dengan The Associated Press di Beirut, Lebanon, hari Senin, 9 Oktober 2023. Barakeh pada Senin membantah bahwa Iran atau Hizbullah Lebanon telah membantu merencanakan atau bahkan mengetahui hal tersebut. kelompoknya melancarkan serangan besar-besaran ke Israel, namun mengatakan bahwa sekutu kami akan bergabung dalam pertempuran jika Gaza menjadi sasaran perang pemusnahan. (Foto: AP)

SATUHARAPAN.COM-Seorang pejabat senior Hamas pada hari Senin (9/10) mengatakan bahwa hanya sejumlah kecil komandan tertinggi di Gaza yang mengetahui serangan besar-besaran yang dilancarkan ke Israel, namun sekutu Hamas, seperti Iran dan Hizbullah Lebanon “akan bergabung dalam pertempuran jika Gaza menjadi sasaran perang pemusnahan.”

Ali Barakeh, anggota kepemimpinan Hamas di pengasingan, berbicara kepada The Associated Press di kantornya di Beirut ketika Israel membombardir Gaza dan bersumpah akan melakukan blokade total terhadap wilayah yang dikuasai Hamas.

Serangan mendadak pada hari Sabtu itu membuat militer dan badan intelijen Israel benar-benar lengah, ketika ratusan anggota bersenjata Hamas menyerbu melalui lubang yang diledakkan di pagar perbatasan dan mengamuk di beberapa kota, menewaskan ratusan tentara dan warga sipil, serta menangkap sejumlah lainnya.

Barakeh mengatakan serangan itu direncanakan oleh sekitar enam komandan penting Hamas di Gaza dan bahkan sekutu terdekat kelompok tersebut tidak diberitahu sebelumnya mengenai waktunya.

Dia membantah laporan bahwa pejabat keamanan Iran membantu merencanakan serangan itu atau memberikan lampu hijau pada pertemuan pekan lalu di Beirut.

“Hanya beberapa komandan Hamas yang tahu tentang zero hour,” kata Barakeh, seraya menambahkan bahwa tidak ada seorang pun dari komando pusat atau biro politik Hamas yang berada di ibu kota Lebanon pekan lalu.

Dia mengakui bahwa kelompok militan Hizbullah Iran dan Lebanon telah membantu Hamas di masa lalu, namun mengatakan bahwa sejak perang Gaza tahun 2014, Hamas telah memproduksi roketnya sendiri dan melatih para pejuangnya sendiri.

Dia juga membantah spekulasi bahwa serangan yang telah direncanakan selama lebih dari setahun itu bertujuan untuk menggagalkan upaya Amerika Serikat untuk meyakinkan Arab Saudi agar menormalisasi hubungan dengan Israel.

Sebaliknya, dia mengatakan hal itu didorong oleh serangkaian tindakan yang diambil oleh pemerintah sayap kanan Israel selama setahun terakhir, termasuk kunjungan provokatif ke situs suci Yerusalem dan meningkatnya tekanan terhadap tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel. Dia juga mengatakan Hamas yakin Israel mempunyai rencana untuk membunuh para pemimpin puncaknya.

Dia mengatakan bahkan Hamas terkejut dengan besarnya operasi yang dijuluki “Operasi Badai Al-Aqsa,” dan mengatakan bahwa Hamas mengharapkan Israel untuk mencegah atau membatasi serangan tersebut.

“Kami terkejut dengan keruntuhan besar ini,” kata Barakeh. “Kami berencana mendapatkan keuntungan dan mengambil tahanan untuk ditukar. Tentara ini adalah macan kertas.”

Klaimnya bahwa Hamas hanya merencanakan operasi kecil dibantah oleh fakta bahwa sekitar 1.000 pejuang ikut serta dalam serangan tersebut, menyerang melalui darat, laut, dan bahkan paralayang bermotor.

Israel telah menyatakan perang habis-habisan dan berjanji akan menghukum Hamas dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan mobilisasi 300.000 pasukan cadangan Israel telah meningkatkan kemungkinan terjadinya invasi darat atau bahkan pendudukan kembali di Gaza.

Militer Israel mengatakan mereka telah membunuh ratusan militan dan mengebom sejumlah sasaran Hamas.

Barakeh mengatakan Hamas sejauh ini hanya mengerahkan sejumlah kecil pasukannya sendiri. Dia mengatakan hampir 2.000 pejuang Hamas telah mengambil bagian dalam pertempuran terbaru, dari 40.000 tentara di Gaza saja.

Hamas mungkin juga dapat mengandalkan sekutunya jika mereka menghadapi kemunduran besar. Pada hari Minggu (8/10), Hizbullah menembakkan beberapa roket dan peluru ke tiga posisi Israel di wilayah sengketa.

Pada hari Senin (9/10), kelompok militan Jihad Islam Palestina mengklaim telah mengirim empat pria bersenjata melintasi perbatasan Lebanon ke Israel.

Para militan mengatakan mereka telah melukai tujuh tentara Israel. Israel mengatakan pasukannya sendiri menembak dan membunuh beberapa pria bersenjata yang menyeberang ke negara itu dari Lebanon. Mereka juga menembaki Lebanon selatan sebagai tanggapannya.

Barakeh, yang merupakan perwakilan Hamas di Lebanon selama bertahun-tahun dan sekarang bertugas berkoordinasi dengan faksi-faksi Palestina lainnya, mengatakan kelompoknya akan menggunakan sejumlah warga Israel yang ditangkap dalam serangan itu untuk menjamin pembebasan semua warga Arab yang ditahan di penjara-penjara Israel, dan bahkan beberapa warga Palestina dipenjara di Amerika Serikat atas tuduhan mendanai Hamas.

“Ada warga Palestina yang ditahan di Amerika. Kami akan meminta pembebasan mereka,” katanya tanpa menyebutkan siapa yang dimaksud.

Pada tahun 2009, pengadilan di Dallas menjatuhkan hukuman 65 tahun penjara kepada dua anggota pendiri Holy Land Foundation for Relief and Development, yang pernah menjadi badan amal Muslim terbesar di AS, karena menyalurkan jutaan dolar ke Hamas. Tiga pria lainnya dijatuhi hukuman hukuman berkisar antara 15 hingga 20 tahun untuk konspirasi.

Barakeh mengatakan Hamas siap berperang panjang dengan Israel, dan mengatakan mereka memiliki persenjataan roket yang akan bertahan lama.

“Kami telah mempersiapkan diri dengan baik untuk perang ini dan menghadapi semua skenario, bahkan skenario perang yang panjang,” tambahnya. “Kami akan menghentikan kehidupan entitas Zionis jika agresi tidak berhenti di Gaza.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home