Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 13:33 WIB | Senin, 27 Mei 2024

Hari Lanjut Usia Nasional, Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis

Ada 2.022 lansia yang menerima manfaat dan kembali dapat melihat dengan jelas.
Warga yang telah menjalani operasi katarak. (Foto: Kemensos)

LHOKSUKON-ACEH, SATUHARAPAN.COM-Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024,  Kementerian Sosial menggelar operasi katarak gratis yang dilakukan terhadap 2.022 pengidap katarak dan diselenggarakan di berbagai wilayah Indonesia.

 Operasi katarak gratis ini dilakukan dengan melibatkan rumah sakit umum daerah dan dokter spesialis mata serta menggunakan peralatan canggih yang didatangkan dari Jakarta untuk mempercepat proses operasi dan memperkecil risiko pasca operasi.

Khusus di Kabupaten Aceh Utara yang menjadi tempat penyelenggaraan puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) sebanyak 392 pasien telah lolos skrining dan dinyatakan layak menjalani operasi.

Sebelumnya telah dilakukan  skrining biometri katarak di Kabupaten Aceh Utara  terhadap 1.014 orang yang berminat untuk menjalani operasi katarak. Namun setelah dilakukan skrining yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Mutia, hanya 392 orang yang dinyatakan lolos.

Selanjutnya mereka akan menjalani operasi katarak pada  27-29 Mei 2024 oleh tim dokter dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Pusat, Perdami Aceh dan dokter RSUD Cut Mutia.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, yang selama ini mempunyai kepedulian besar terhadap katarak mengatakan, pengidap katarak tidak boleh terlambat menjalani operasi karena jika terlambat ditangani maka bisa mengalami kebutaan.

“Jika sudah menjadi disabilitas netra, maka produktivitasnya menurun bahkan bisa menjadi beban buat keluarga,” kata Mensos Risma tentang bahaya katarak, yakni penyakit kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan pandangan pengidap katarak menjadi kabur. Operasi katarak akan mengangkat lensa mata yang kabur sehingga penglihatan pasien akan normal Kembali.

Lebih dari 7.000 orang telah menjalani operasi katarak gratis oleh Kemensos bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan diselenggarakan di berbagai tempat di Tanah Air.

Dalam rangkaian peringatan HLUN 2024, operasi katarak gratis juga telah dilakukan terhadap 121 pasien di RSUD Cililin Kabupaten Bandung Barat, serta 254 pasien menjalani operasi katarak gratis di RSUD Nganjuk Jawa Timur. 

Kegiatan serupa juga  dilakukan di Kota Kupang,  dan Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Bima, Kabupaten Halmahera Utara, serta Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. Adapun pada Juni 2024, operasi katarak gratis juga akan diadakan di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Manokwari, dan Bengkulu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home