Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:37 WIB | Kamis, 10 Desember 2020

Hasil Sementara Pilkada 2020 di Surakarta, Depok, dan Sulawesi Utara

Gibran Menang di Surakarta, Idris dua periode di Depok, dan Olly di Sulut
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo dari partai PDI Perjuangan, Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Teguh Prakosa (kiri) menggelar jumpa pers hasil hitung cepat internal partai di kantor DPC PDI Perjuangan, Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/12/). (Foto: Antara)

SATUHARAPAN.COM-Calon Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, berdasarkan hasil hitung cepat memperoleh suara 88 persen dan akan menjadi Wali Kota Surakarta yang baru.

Kemungkinan ini adalah perolehan suara tertinggi dari satu pasangan calon dalam Pilkada Serentak 2020. Hasil sementara dari hitung cepat dari berbagai lembaga menunjukkan pasangan Gibran-Teguh meraih suara sekitar 88 persen, dan hanya ada dua pasangan calon pada Pilkada di Suarakarta.

Gibran mengatakan dia akan segera mengunjungi lawannya pasangan Bagyo Wahyono-FX Suparjo (BaJo) usai pelaksanaan Pilkada Kota Surakarta 2020. "Dalam waktu dekat kalau beliau berdua sudah longgar akan saya 'sowani' (kunjungi)," katanya di Solo, Jawa Tengah, hari Rabu (9/12).

Gibran yang pada Pilkada Kota Surakarta berpasangan dengan Teguh Prakosa mengaku menghormati kedua lawannya tersebut. Bahkan, ia menganggap keduanya seperti orang tua sendiri.

"Bagaimanapun juga beliau berdua ini sudah seperti orang tua saya sendiri, nanti kalau sudah longgar akan kami 'sowani'. Ini kan sudah tidak ada kubu-kubuan," katanya.

Apalagi, kata dia, kedua peserta pilkada memiliki tujuan yang sama, yaitu membangun Kota Solo agar lebih baik.

Kota Depok

Sementara itu, hasil hitung cepat Pilkada Depok menunjukkan keunggulan pada pasangan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono. Pasangan nomor 2 tersebut mengantongi 117.264 suara atau sekitar 56,4 persen. Sementara itu, lawannya, Pradi Supriatna-Afifah Alia mengantongi 90.732 suara atau 43,6 persen. Namun menurut KPU, Kamis (10/12), perhitungan masih terus berlanjut.

Provinsi Sulawesi Utara

Sementara itu, hasil hitung cepat pada Pilkada Sulawesi Utara menunjukkan pasangan calon nomor urut 3, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, unggul disbanding calon lain. Olly-Steven yang merupakan calon petahana mendapatkan suara sekitar 58,23 persen.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 1, Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar, mendapatkan 32 persen suara. Sedangkan pasangan calon nomor urut 2, Vonnie Anneke Panambunan dan Hendry Corneles Mamengko Runtuwene, mendapatkan 9 persen suara. 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home