Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:03 WIB | Senin, 06 November 2023

Hujan Deras Akibatkan Banjir di Beberapa Wilayah di Jakarta, Depok dan Bekasi

Pengendara mendorong kendaraanya saat melintasi banjir di Taman Duta, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/11/2023). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Hujan deras dalam beberapa hari ini menyebabkan 54 RT (rukun tetangga) di wilayah Jakarta dilanda banjir.

Banjir juga terjadi di perumahan Taman Duta, Depok, Jawa Barat, pada hari Minggu (5/11), dan di Jalan Raya Pisangan, Desa Satria Jaya, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Banjir tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan meluapnya sungai sehingga menggangu arus lalu lintas kendaraan di wilayah tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut 18 RT (rukun tetangga masih tergenang hingga pukul 15:00 WIB setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur beberapa wilayah Ibu Kota  pada hari Sabtu (4/11).

 "BPBD mencatat genangan yang semula terjadi di 54 RT, kini tinggal 18 RT atau 0,058 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta, " kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, hari Minggu (5/11) dikutip Antara.

 18 RT itu terdapat di Jakarta Timur termasuk Kelurahan Cililitan satu RT dengan ketinggian 60 Centimeter penyebabnya curah hujan tinggi dan luapan Kali Baru, Kelurahan Cawang lima RT dengan ketinggian 40 hingga 70 Centimeter (cm) penyebabnya curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

Kemudian Kelurahan Bidara Cina terdapatdua RT dengan ketinggian 40 Centimeter dan penyebabnya curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung, dan Kelurahan Kampung Melayu terdapat 10 RT dengan penyebab curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

 BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat dalam keadaan darurat bisa menghubungi nomor telepon 112 secara gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop untuk mendapatkan bantuan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home