Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:19 WIB | Sabtu, 08 Juli 2023

ICC Selidiki Sejumlah Kasus Pembunuhan di Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Jaksa Pengadilan Pidana Internasional (ICC), Karim AA Khan, mengunjungi kamp pengungsi Rohingya Kutupalong di Ukhia pada hari Kamis, 6 Juli 2023. (Foto: AFP)

DHAKKA, SATUHARAPAN.COM-Kekerasan pekan ini adalah yang terbaru dari serangkaian bentrokan mematikan antara Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) dan Organisasi Solidaritas Rohingya (RSO), dua kelompok pemberontak saingan yang beroperasi di kamp-kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Bangladesh adalah rumah bagi sekitar satu juta orang etnis Rohingya, yang sebagian besar melarikan diri dari penumpasan militer tahun 2017 di negara tetangga Myanmar yang sekarang menjadi sasaran penyelidikan genosida di pengadilan PBB.

Faruq Ahmed, juru bicara Batalyon Polisi Bersenjata yang menjaga keamanan di kamp-kamp pengungsi, mengatakan bahwa lima orang telah ditembak mati dalam baku tembak sebelum fajar pada hari Jumat (30/6).

"Kelima orang yang tewas dalam tembak-menembak adalah anggota ARSA, termasuk seorang komandan," katanya, seraya menambahkan bahwa sebagai hasilnya, keamanan telah ditingkatkan di kamp-kamp tersebut.

Ahmed mengatakan bahwa kekerasan terjadi beberapa jam setelah pembunuhan Ebadullah, seorang pemimpin komunitas pengungsi, yang tampaknya dilakukan oleh anggota ARSA.

Harian lokal Prothom Alo mengatakan Ebadullah, 27 tahun, telah mengatur para pengungsi untuk bertemu dengan jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), Karim AA Khan, yang mengunjungi kamp-kamp tersebut pada Kamis (6/7) sore untuk mencatat pernyataan para saksi atas tindakan keras tahun 2017 di Myanmar.

Kelompok pemberontak tersebut tidak segera mengomentari pembunuhan tersebut, tetapi anggotanya dituduh menargetkan pemimpin sipil Rohingya yang menantang otoritasnya.

Pemimpinnya, Ataullah Abu Ammar Jununi, tahun lalu didakwa secara in absentia atas pembunuhan aktivis perdamaian popular, Mohib Ullah, pada tahun 2021. Mohib Ullah secara teratur berbicara menentang kegiatan ARSA di kamp.

Jununi dan pemimpin kunci ARSA lainnya juga dituduh membunuh seorang perwira intelijen senior Bangladesh November lalu.

Pembunuhan itu mendorong pasukan keamanan pada Januari untuk mengusir pemukiman darurat di perbatasan Myanmar yang diduga digunakan ARSA sebagai pos perdagangan metamfetamin untuk mendanai operasinya.

Lusinan telah tewas dalam bentrokan kamp Rohingya sepanjang tahun ini, termasuk perempuan dan anak-anak.

Pemotongan dana memaksa badan pangan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk memotong jatah ke pemukiman pengungsi dua kali dalam beberapa bulan terakhir, dengan pekerja bantuan memperingatkan bahwa langkah tersebut kemungkinan akan memperburuk situasi keamanan yang sudah genting di kamp.

Bangladesh dan Myanmar telah memperbarui upaya untuk mulai memulangkan pengungsi Rohingya ke tanah air mereka, di mana minoritas tanpa kewarganegaraan telah mengalami penganiayaan selama beberapa dekade dan ditolak kewarganegaraannya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home