Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 11:13 WIB | Sabtu, 13 April 2024

Instagram Mulai Memburamkan Gambar Telanjang dalam Pesan untuk Lindungi Remaja

Ikon aplikasi Instagram terlihat di smartphone, Selasa, 28 Februari 2023, di Marple Township, Pa.(Foto: dok. AP)

SATUHARAPAN.COM-Instagram mengatakan pihaknya menerapkan alat baru untuk melindungi generasi muda dan memerangi pemerasan seksual, termasuk fitur yang secara otomatis memburamkan ketelanjangan dalam pesan langsung.

Platform media sosial tersebut mengatakan dalam sebuah postingan blog pada hari Kamis (11/4) bahwa mereka sedang menguji fitur-fitur baru tersebut sebagai bagian dari kampanyenya untuk melawan penipuan seksual dan bentuk-bentuk “penyalahgunaan gambar” lainnya, dan untuk mempersulit para penjahat untuk menghubungi remaja.

Pemerasan seksual, atau pemerasan seksual, melibatkan membujuk seseorang untuk mengirim foto eksplisit secara online dan kemudian mengancam untuk mempublikasikan gambar tersebut kecuali korban membayar uang atau melakukan tindakan seksual.

Kasus-kasus penting baru-baru ini mencakup dua saudara laki-laki asal Nigeria yang mengaku bersalah melakukan pemerasan seksual terhadap remaja laki-laki dan laki-laki muda di Michigan, termasuk seorang yang bunuh diri, dan seorang wakil sheriff Virginia yang melakukan pemerasan seksual dan menculik seorang gadis berusia 15 tahun.

Instagram dan perusahaan media sosial lainnya semakin banyak mendapat kritik karena tidak berbuat cukup untuk melindungi generasi muda. Mark Zuckerberg, CEO perusahaan induk Facebook, Meta, meminta maaf kepada orang tua korban pelecehan tersebut dalam sidang Senat awal tahun ini.

Perusahaan mengatakan penipu sering menggunakan pesan langsung untuk meminta “gambar intim”. Untuk mengatasi hal ini, mereka akan segera mulai menguji fitur perlindungan ketelanjangan untuk pesan langsung yang mengaburkan (mem-blur) gambar apa pun yang berisi ketelanjangan “dan mendorong orang untuk berpikir dua kali sebelum mengirim gambar telanjang.”

“Fitur ini dirancang tidak hanya untuk melindungi orang-orang agar tidak melihat ketelanjangan yang tidak diinginkan di DM mereka, tetapi juga untuk melindungi mereka dari penipu yang mungkin mengirimkan gambar telanjang untuk mengelabui orang agar mengirimkan gambar mereka sendiri sebagai balasannya,” kata Instagram.

Fitur ini akan diaktifkan secara default secara global untuk remaja di bawah 18 tahun. Pengguna dewasa akan mendapatkan notifikasi yang mendorong mereka untuk mengaktifkannya. Gambar dengan ketelanjangan akan diburamkan dengan peringatan, memberikan pengguna opsi untuk melihatnya. Mereka juga akan mendapat opsi untuk memblokir pengirim dan melaporkan obrolan tersebut.

Bagi orang-orang yang mengirim pesan langsung dengan ketelanjangan, mereka akan mendapat pesan yang mengingatkan mereka untuk berhati-hati saat mengirim “foto sensitif". Mereka juga akan diberitahu bahwa mereka dapat membatalkan pengiriman foto jika mereka berubah pikiran, namun ada kemungkinan orang lain juga sudah melihat mereka.

Instagram mengatakan pihaknya sedang mengerjakan teknologi untuk membantu mengidentifikasi akun yang berpotensi terlibat dalam penipuan pemerasan seksual, “berdasarkan serangkaian sinyal yang dapat mengindikasikan perilaku pemerasan seksual.”

Untuk menghentikan penjahat agar tidak berhubungan dengan remaja, mereka juga mengambil langkah-langkah termasuk tidak menampilkan tombol “pesan” di profil remaja ke akun-akun yang berpotensi melakukan pemerasan seks, meskipun mereka sudah saling mengikuti, dan menguji cara-cara baru untuk menyembunyikan remaja dari akun-akun tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home