Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 20:23 WIB | Selasa, 16 Februari 2016

Iran akan Ekspor Minyak Pertama ke Eropa

Ilustrasi: Tanker minyak di perairan internasional. (Foto: presstv.ir)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM – Iran akan mengekspor pengiriman minyak pertamanya ke Eropa sejak sanksi ekonomi internasional dicabut pada pertengahan Januari, menurut layanan berita kementerian perminyakan SHANA pada hari Senin (15/2).

Pihaknya mengatakan dua juta barel minyak dialirkan ke sebuah kapal tanker di Kepulauan Kharg di Teluk Persia, dengan tujuan kepada produsen raksasa energi Prancis Total.

Sedangkan dua kapal tanker lainnya bersiap mengirimkan masing-masing satu juta barel minyak ke CEPSA Spanyol dan Lukoil Rusia, menurut SHANA.

Media itu mengutip pernyataan pejabat terminal minyak Pirouz Moussavi pada hari Minggu bahwa pemuatan ke dalam kapal-kapal tanker itu akan rampung dalam waktu 24 jam.

“Selama empat tahun terakhir, tidak ada minyak yang dikirimkan ke Eropa mengingat sanksi keras terhadap negara kami,” tambah Moussavi.

Pada awal 2012, Uni Eropa dan Amerika Serikat memperketat sanksi ekonomi terhadap Iran mengingat program nuklir kontroversialnya, memaksa Republik Islam tersebut menghentikan ekspor minyak ke Eropa.

Sejak saat itu, Asia – terutama India dan Tiongkok – menjadi pasar utama bagi minyak Iran. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home