Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Kamis, 01 Juli 2021

Israel Gunakan Kendaraan Robot untuk Patroli Perbatasan dengan Gaza

Israel Gunakan Kendaraan Robot untuk Patroli Perbatasan dengan Gaza
Kendaraan robot semi otomatis Israel bergerak di dekat perbatasan dengan Gaza. (Foto: IDF via JP)
Israel Gunakan Kendaraan Robot untuk Patroli Perbatasan dengan Gaza

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Divisi Gaza dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan segera mengerahkan kendaraan darat robot semi-otonom baru yang disebut Jaguar di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza. Kendaraan ini menggantikan tentara di sepanjang perbatasan di mana mereka bisa menjadi sasaran dari pihak Hamas dan Jihad Islam Palestina.

Robot ini dikembangkan selama satu setengah tahun terakhir oleh Israel Aerospace Industries bekerja sama dengan departemen teknologi Komando Pasukan Darat IDF, dan saat ini sedang diintegrasikan ke dalam Divisi Gaza.

Jaguar dilengkapi dengan lusinan sensor, sistem penggerak otomatis, dan kemampuan menembak yang canggih, menurut laporan The Jerusalem Post.

Kendaraan Berbasis pada sasis roda enam, dilengkapi dengan senapan mesin MAG 7.62 mm yang dapat dioperasikan dari jarak jauh terhadap benda atau orang yang mencurigakan, baik saat diam maupun bergerak.

Jaguar menggunakan kamera resolusi tinggi, lusinan sensor, pemancar, dan sistem PA yang dikendalikan dari jarak jauh, dan ditenagai oleh motor listrik yang memungkinkannya berpatroli di pagar perbatasan dengan sinyal panas rendah.

Ia juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan lokasi yang tepat ke UAV (Unmanned Aerial Vehicle) sehingga dapat dihancurkan dari udara jika jatuh ke tangan musuh.

Dengan pengamat dan komandan IDF dalam kendali operasional penuh, robot dapat menghitung rute untuk dirinya sendiri dan kemudian mengarahkan dirinya sendiri ke tujuan. Menggunakan sistem mengemudi yang canggih, Jaguar juga dapat melihat dan melewati rintangan di jalannya.

“Kami telah memimpin perkembangan teknologi yang inovatif, robot independen yang mengurangi gesekan prajurit tempur dengan musuh dan mencegah risiko terhadap kehidupan manusia,” kata Letkol. Nathan Kuperstein, Kepala Otonomi dan Robotika di Divisi Teknologi Darat IDF. “Ia bahkan tahu cara mengisi daya sendiri, hampir seperti iRobot.”

Jaguar dapat digunakan untuk berbagai misi termasuk intelijen, pengawasan dan pengintaian bersenjata serta perlindungan konvoi, umpan dan peran serangan.

Dengan menggunakan robot sebagai pengganti tentara, “sehingga mengurangi risiko terhadap kehidupan manusia,” kata IDF dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa “Jaguar adalah salah satu robot darat paling inovatif dari proyek perbatasan “pintar dan mematikan” di dunia pada divisi utara Jalur Gaza.”

Selama Operasi Penjaga Tembok, bulan lalu, IDF sangat bergantung pada robot dan pembelajaran mesin, menyebut pertempuran itu sebagai “Perang Kecerdasan Buatan” yang pertama.

“Untuk pertama kalinya, kecerdasan buatan adalah komponen kunci dan pengganda kekuatan dalam memerangi musuh,” kata seorang perwira senior IDF kepada wartawan pada bulan Mei. “Ini adalah kampanye pertama untuk IDF, kami menerapkan metode operasi baru dan menggunakan perkembangan teknologi yang merupakan pengganda kekuatan untuk seluruh IDF.”

Sebagai bagian dari program multi tahun momentum, militer Israel telah berfokus untuk mengubah militer menjadi kekuatan teknologi tinggi yang mematikan, dan telah menginvestasikan sebagian besar rencana militer pada inovasi dan teknologi canggih.

Divisi Metode Tempur dan Inovasi IDF dibuka tahun lalu dan memimpin rencana untuk mengembangkan sistem senjata masa depan untuk menghadapi ancaman yang kemungkinan akan dihadapi militer di masa depan. (The Jerussalem Post)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home