Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:49 WIB | Senin, 12 Februari 2024

Israel Gunakan Senjata Berkemampuan Kecerdasan Buatan dalam Perang di Gaza

Seorang tentara Israel mengambil posisi di perbatasan dengan Jalur Gaza di Israel selatan, pada 29 Januari 2024. (Foto: dok. AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Tentara Israel untuk pertama kalinya mengerahkan beberapa teknologi militer berkemampuan AI (kecerdasan buatan) dalam pertempuran di Gaza, sehingga meningkatkan kekhawatiran tentang penggunaan senjata otonom dalam peperangan modern.

Pihak militer telah mengisyaratkan kegunaan teknologi baru tersebut, dan juru bicaranya, Daniel Hagari, mengatakan bulan lalu bahwa pasukan Israel beroperasi “di atas dan di bawah tanah secara bersamaan.”

Seorang pejabat senior pertahanan mengatakan kepada AFP bahwa teknologi tersebut menghancurkan drone musuh dan memetakan jaringan terowongan Hamas yang luas di Gaza.

Teknologi pertahanan baru termasuk senjata bertenaga kecerdasan buatan (AI) dan robot drone menjadi titik terang di masa yang mengerikan bagi industri teknologi Israel.

Sektor ini menyumbang 18 persen PDB pada tahun 2022, namun perang di Gaza telah mendatangkan malapetaka dan diperkirakan delapan persen tenaga kerjanya dikerahkan untuk berperang.

“Secara umum perang di Gaza menghadirkan ancaman, namun juga peluang untuk menguji teknologi baru di lapangan,” kata Avi Hasson, CEO Startup Nation Central, sebuah inkubator teknologi Israel.

“Baik di medan perang maupun di rumah sakit, terdapat teknologi yang telah digunakan dalam perang ini dan belum pernah digunakan di masa lalu.”

Namun meningkatnya jumlah korban warga sipil menunjukkan bahwa diperlukan pengawasan yang lebih besar terhadap penggunaan teknologi pertahanan baru, kata Mary Wareham, pakar senjata di Human Rights Watch, kepada AFP.

“Sekarang kita menghadapi situasi kematian dan penderitaan terburuk yang kita lihat saat ini - sebagian di antaranya disebabkan oleh teknologi baru,” katanya.

Lebih dari 150 negara pada bulan Desember mendukung resolusi PBB yang mengidentifikasi “tantangan dan kekhawatiran serius” dalam teknologi militer baru, termasuk “kecerdasan buatan dan otonomi dalam sistem persenjataan.”

Senjata Angry Birds

Hamas pada tanggal 7 Oktober melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, yang mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi.

Hamas juga menyandera sekitar 250 orang, dan Israel mengatakan sekitar 132 orang masih berada di Gaza termasuk sedikitnya 29 orang yang diyakini tewas.

Respons militer Israel telah menewaskan hampir 28.000 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikuasai Hamas.

Seperti banyak konflik modern lainnya, perang ini dipicu oleh berkembangnya pesawat udara tak berawak (UAV) yang murah, juga dikenal sebagai drone, yang membuat serangan dari udara menjadi lebih mudah dan murah.

Hamas menggunakannya untuk menjatuhkan bahan peledak pada tanggal 7 Oktober, sementara Israel telah beralih ke teknologi baru untuk menembak jatuh bahan peledak tersebut.

Pertama, tentara telah menggunakan penglihatan optik berkemampuan AI, yang dibuat oleh startup Israel Smart Shooter, yang dipasang pada senjata seperti senapan dan senapan mesin.

“Ini membantu tentara kami untuk mencegat drone karena Hamas menggunakan banyak drone,” kata pejabat senior pertahanan tersebut. “Hal ini membuat setiap prajurit biasa – bahkan prajurit buta – menjadi penembak jitu.”

Sistem lain untuk menetralisir drone melibatkan penempatan drone ramah dengan jaring yang dapat dilempar ke sekitar pesawat musuh untuk menetralisirnya. “Ini adalah drone versus drone-- kami menyebutnya Angry Birds,” kata pejabat itu.

Terowongan Hamas

Pilar janji Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk “menghancurkan” Hamas adalah dengan cepat memetakan jaringan terowongan bawah tanah di mana menurut Israel para pejuang kelompok tersebut bersembunyi dan menyandera.

Jaringan tersebut sangat luas sehingga tentara menjulukinya “Metro Gaza” dan sebuah studi baru-baru ini oleh akademi militer AS West Point mengatakan terdapat 1.300 terowongan yang membentang sepanjang 500 kilometer (310 mil).

Untuk memetakan terowongan, tentara telah beralih ke drone yang menggunakan AI untuk belajar mendeteksi manusia dan dapat beroperasi di bawah tanah, termasuk yang dibuat oleh startup Israel, Robotican, yang membungkus drone di dalam wadah robot.

Alat ini digunakan di Gaza “untuk masuk ke dalam terowongan dan melihat sejauh mana komunikasi memungkinkan Anda,” kata pejabat senior pertahanan Israel.

Sebelum perang, teknologi tersebut tidak mengizinkan drone beroperasi di bawah tanah karena adanya masalah pengiriman gambar ke permukaan, tambah pejabat tersebut.

Konflik tersebut telah menimbulkan kekhawatiran mengenai hak asasi manusia namun juga mengukuhkan status Israel sebagai produsen sistem pertahanan mutakhir yang terkemuka di dunia.

The Wall Street Journal melaporkan bulan lalu bahwa Amerika Serikat – sekutu internasional utama Israel dan penyedia bantuan militer miliaran dolar setiap tahun – sedang melatih tentaranya sendiri untuk menembak jatuh drone menggunakan pemandangan optik Smart Shooter.

Pada akhir Januari, tiga tentara AS tewas dalam serangan pesawat tak berawak di sebuah pangkalan di Yordania. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home