Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:19 WIB | Sabtu, 11 November 2023

Israel Sebut Kelompok di Suriah Serang Kota Eilat di Selatan

Tentara Israel mengambil bagian dalam latihan militer di dekat perbatasan antara Israel dan Suriah di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, 2 November 2023. (Foto: dok. Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Militer Israel mengatakan sebuah organisasi di Suriah meluncurkan sebuah drone yang menghantam sebuah sekolah di kota Eilat, Israel selatan, pada hari Kamis (9/11) dan sebagai balasannya drone tersebut menyerang kelompok tersebut.

Militer tidak mengatakan organisasi mana di Suriah yang meluncurkan drone tersebut ke arah Eilat, di Laut Merah sekitar 400 kilometer (250 mil) dari titik terdekat di wilayah Suriah.

Namun mereka mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menganggap pemerintah Suriah bertanggung jawab penuh “atas segala aktivitas teror yang berasal dari wilayahnya.” Belum ada laporan korban luka akibat serangan drone yang menyebabkan kerusakan ringan.

Insiden pesawat tak berawak itu menambah serentetan serangan yang diarahkan dari wilayah tersebut sejak pecahnya pertempuran Israel dengan militan Hamas di Gaza pada 7 Oktober.

Gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman telah melancarkan serangan Rudal dan drone berulang kali terhadap Israel sejak 7 Oktober, yang semuanya berhasil ditembak jatuh atau gagal.

Pada hari Kamis, kelompok Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman termasuk ibu kota Sanaa, mengatakan mereka menembakkan rudal balistik ke berbagai sasaran Israel termasuk apa yang digambarkan oleh juru bicara militer kelompok tersebut sebagai sasaran militer di Eilat.

Militer Israel mengatakan sistem pertahanan udara “Arrow” miliknya mencegat sebuah rudal yang diluncurkan ke wilayah Israel di dekat Laut Merah, dan bahwa sistem pertahanan Patriotnya telah mencegat “target yang mencurigakan” di gurun Negev selatan.

Militer Israel tidak menyalahkan peluncuran Rudal tersebut atau target yang dicegat di Negev.

Israel telah meningkatkan kehadiran angkatan lautnya di Laut Merah untuk melindungi pantai selatannya dengan lebih baik, sementara Amerika Serikat juga memiliki kekuatan angkatan laut yang signifikan di wilayah tersebut.

Eilat adalah pintu gerbang komersial utama Israel melalui Laut Merah.

Daniel Mueller, analis perusahaan keamanan maritim Inggris Ambrey, mengatakan serangan pesawat tak berawak pada hari Kamis “akan menjadi kerusakan pertama yang dikonfirmasi di kota Eilat sejak permusuhan tanggal 7 Oktober dimulai.”

Hamas dan Houthi “telah menembakkan banyak roket, Rudal jelajah, dan UAV ke arah Eilat,” tambah Mueller.

Perairan Israel dianggap sebagai zona risiko tinggi oleh perusahaan asuransi kelautan dan setiap kapal diharuskan membayar premi risiko perang tambahan, yang biasanya diperbarui setiap tujuh hari.

Premi tersebut telah melonjak 10 kali lipat dalam beberapa pekan terakhir, menambah puluhan ribu dolar untuk setiap perjalanan, kata sumber industri. Dan ini berarti biaya pengiriman lebih tinggi.

Pelabuhan Ashkelon di Mediterania selatan, yang paling dekat dengan Gaza, telah ditutup dalam beberapa pekan terakhir dan setidaknya satu kapal tanker minyak dialihkan ke Eilat.

Ambrey telah memberi tahu klien bahwa pengiriman pedagang masih dapat singgah di pelabuhan Ashkelon, seperti yang dilakukan pengiriman di Ashdod, tetapi untuk mengadopsi tindakan perlindungan balistik. Hal ini dapat mencakup perangkat keras, tetapi juga prosedur seperti meminimalkan pergerakan dek kru. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home