Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:38 WIB | Rabu, 28 Juni 2023

Israel Sita Jutaan Dolar Dana Digital Iran untuk Kelompok Hizbullah Lebanon

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, berbicara selama pertemuan dengan timpalannya dari Yunani di Athena, pada 4 Mei 2023. (Foto: dok. AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel telah menyita dana digital senilai jutaan dolar yang dimaksudkan untuk digunakan oleh kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran dan cabang Pasukan Quds asing dari Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran, kata Kementerian Pertahanan pada hari Selasa (27/6).

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan dia menyetujui operasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menyita dana yang dicuci oleh organisasi yang didukung oleh musuh bebuyutan Iran.

Kementeriannya mengatakan bahwa sejak awal tahun ini, “Hizbullah, Pasukan Quds, dan operasi Suriah telah menggunakan mata uang digital untuk menerima dana dari pihak ketiga melalui transaksi ilegal.” Dikatakan Israel telah menggagalkan transfer jutaan dolar ke para operator ini.

“Saya mengeluarkan perintah yang memungkinkan penyitaan dana tersebut, serta transfernya ke Negara Israel,” kata Gallant. “Dengan melakukan itu, kami telah secara efektif memutus aliran dana teror melalui saluran ini.”

Kantor media Hizbullah di Lebanon tidak segera menanggapi permintaan komentar. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home