Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:03 WIB | Jumat, 03 Januari 2020

Israel, Yunani, Siprus, Teken Proyek Pipa Gas 1.900 Km

Penandatanganan proyek pipa gas antra Yunani, Israel dan Siprus, Kamis 2/1) di Athena, Yunani. (Foto: dari Anadolu)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM-Yunani, Israel, dan Siprus Yunani pada hari Kamis (2/1) menandatangani proyek pipa Mediterania Timur (EastMed), yang direncanakan membentangdari Israel ke Siprus Yunani, Pulau Kreta, Yunani, dan akhirnya ke Italia, menurut laporan media Yunani, Kathimerini.

Kesepakatan itu ditandatangani di Athena oleh para menteri energi Yunani, Israel, dan Siprus Yunani. Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pemimpin Siprus Yunani, Nicos Anastasiades, juga hadir pada upacara penandatanganan.

Proyek pipa EastMed adalah proyek pipa gas alam sepanjang 1.900 km (1.180 mil) yang membentang dari Israel ke Yunani dan kemudian ke Italia.

Namun, menurut laporan harian Turki, Hurriyet, proyek pipa gas Mediterania Timur tidak bisa berhasil, dari kaca mata Turki. Masalah utama dengan proyek ini adalah bahwa proyek itu mahal dan biaya-biaya untuk membangunnya belum dipasok.

Menurut Turki, diperkirakan bahwa biaya transfer gas alam akan tiga kali lebih murah jika pipa melewati Turki.

Proyek perpipaan EastMed itu juga tidak akan membantu menyelesaikan masalah Siprus, kata pemimpin Siprus Turki.

Sebelum penandatanganan perjanjian oleh Yunani, Israel dan Siprus Yunani, Presiden Siprus Turki, Mustafa Akıncı, pada 2 Januari juga mengecam proyek yang menekankan bahwa itu "bertentangan dengan fakta geografis" dan "diputuskan semata-mata karena keprihatinan politik."

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home