Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 21:05 WIB | Sabtu, 22 Oktober 2022

Jika Jadi Pemilik, Elon Musk Akan Berhentikan 75% Karyawan Twitter

Elon Musk ketika berbicara di Konferensi dan Pameran SATELLITE pada 9 Maret 2020, di Washington. Musk berencana untuk memberhentikan sebagian besar tenaga kerja Twitter jika dan ketika ia menjadi pemilik perusahaan media sosial itu, menurut sebuah laporan Kamis, 20 Oktober 2022, oleh The Washington Post. (Foto: dok. AP/Susan Walsh)

SAN FRANCISCO, SATUHARAPAN.COM-Pediri Tesla, Elon Musk, berencana untuk memberhentikan sebagian besar tenaga kerja Twitter jika dan ketika ia menjadi pemilik perusahaan media sosial itu, menurut sebuah laporan hari Kamis oleh The Washington Post.

Musk telah mengatakan kepada calon investor dalam pembelian Twitter-nya bahwa ia berencana untuk memotong hampir 75% dari basis karyawan Twitter dari 7.500 pekerja, menurut laporan itu. Surat kabar itu mengutip dokumen dan sumber tanpa nama yang mengetahui pertimbangan tersebut.

Twitter yang berbasis di San Francisco dan perwakilan untuk pengacara Musk, Alex Spiro, tidak segera menanggapi pesan yang meminta komentar.

Sementara PHK (pemutusan hubungan kerja) diperkirakan terjadi, terlepas dari penjualan, besarnya pemotongan jumlah karyawan yang direncanakan Musk jauh lebih ekstrem daripada apa pun yang direncanakan Twitter. Musk sendiri telah menyinggung perlunya menghentikan beberapa staf perusahaan di masa lalu, tetapi dia belum memberikan angka spesifik, setidaknya tidak secara publik.

"Pemotongan jumlah karyawan 75% akan menunjukkan, setidaknya di luar gerbang, arus kas bebas yang lebih kuat dan profitabilitas, yang akan menarik bagi investor yang ingin masuk ke dalam kesepakatan," kata analis Wedbush Dan Ives. “Yang mengatakan, kamu tidak bisa memotong jalanmu menuju pertumbuhan.”

Ives menambahkan bahwa pengurangan drastis dalam tenaga kerja Twitter kemungkinan akan membuat perusahaan mundur bertahun-tahun.

Para ahli, organisasi nirlaba, dan bahkan staf Twitter sendiri telah memperingatkan bahwa menarik kembali investasi pada moderasi konten dan keamanan data dapat merugikan Twitter dan penggunanya.

Dengan pengurangan sedrastis yang mungkin direncanakan Musk, platform tersebut dapat dengan cepat dibanjiri konten dan spam berbahaya, yang terakhir yang dikatakan oleh CEO Tesla sendiri akan dia tangani jika dia menjadi pemilik perusahaan.

Setelah tawaran awalnya senilai US$ 44 miliar pada bulan April untuk membeli Twitter, Musk mundur dari kesepakatan tersebut, dengan alasan Twitter salah mengartikan jumlah akun "bot spam" palsu di platformnya. Twitter menggugat, dan hakim Delaware memberi kedua belah pihak waktu hingga 28 Oktober untuk menyelesaikan rinciannya. Jika tidak, akan ada uji coba pada bulan November. (AP)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home