Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 18:42 WIB | Kamis, 06 April 2023

Jika Terjadi Kemacetan Arus Mudik, Polisi Berlakukan Aturan Ganjil Genap

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan akan memberlakukan aturan nomor kendaraan ganjil-genap apabila terjadi kemacetan di jalur mudik. Terdapat jalur yang menjadi perhatian karena diduga terjadi kepadatan arus lalu lintas.

“Mulai dari ganjil genap sampai dengan contra flow, sampai dengan one way. Itu semuanya kita siapkan, utamanya di jalur-jalur yang untuk mudik mulai dari Cikampek sampai Kalikakung, kemudian pula sebaliknya, dan kemudian jalur yang ada di Jawa Barat mengarah ke Jakarta dan Jakarta mengarah Jawa Barat supaya tetap bisa jalan,” kata Kapolri usai rapat koordinasi lintas sektoral persiapan mudik Lebaran 2023 di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/23).

Menurut Kapolri, pemberian informasi rekayasa lalu lintas akan diinfokan secara masif melalui media massa, pamflet, dan pos yang didirikan agar masyarakat segera menyesuaikan tanpa menunggu lama.  Kapolri menegaskan, akan ada juga layanan hotline, sehingga masyarakat bisa terinformasi dan menginformasikan.

“Harapan kita komunikasi publik yang baik antara masyarakat dan petugas. Ini juga bisa membantu memperlancar proses kepulangan nanti,” kata Kapolri.

Menurunkan Angka Kecelakaan

Kapolri menegaskan pengamanan mudik Lebaran 2023 kali ini sangat diupayakan untuk menurunnya jumlah kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Rapat lintas sektoral ini dilakukan sejak dini guna menindaklanjuti instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden meminta agar pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Operasi rutin yang ditingkatkan kali untuk pengamanan mudik Lebaran 2023 dilakukan sekitar satu bulan. Sebab, eskalasi peningkatan pemudik meningkat tinggi dari tahun sebelumnya.

“Untuk melaksanakan pra kondisi, kami melaksanakan operasi rutin yang ditingkatkan satu pekan sebelum tanggal 18 April dan satu pekan setelah tanggal 1 Mei. Sehingga kurun waktu total hampir satu bulan,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home