Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:04 WIB | Rabu, 01 November 2023

Joe Biden: Pasca Perang Israel-Hamas, Solusi Dua Negara Harus Jadi Prioritas

Dia menyerukan kepada para pemimpin Israel dan Arab untuk berpikir keras mengenai realitas akhir pasca perang.
Presiden AS, Joe Biden, bicara dengan wartawan di Air Force One selama perhentian pengisian bahan bakar di Pangkalan Udara Militer Jerman di Ramstein, Jerman pada 28 Oktober 2023, dalam perjalanan pulang dari Israel. (Foto: dok. AP/Evan Vucci)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Ketika perang Israel-Hamas yang telah berlangsung selama tiga pekan memasuki tahap baru yang menurut Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dapat menjadi tahap baru yang “panjang dan sulit”, Presiden Joe Biden menyerukan kepada para pemimpin Israel dan Arab untuk berpikir keras mengenai realitas akhir pasca perang.

Menurut dia, hal ini adalah hal yang harus menjadi prioritas untuk mencapai kesepakatan mengenai solusi dua negara yang telah lama dicari dalam konflik Israel-Palestina.

“Tidak ada jalan untuk kembali ke status quo seperti yang terjadi pada 6 Oktober,” kata Biden kepada wartawan, mengacu pada hari sebelum militan Hamas menyerang Israel dan memicu perang terbaru. Gedung Putih mengatakan Biden menyampaikan pesan yang sama langsung kepada Netanyahu melalui panggilan telepon pekan lalu.

“Ini juga berarti bahwa ketika krisis ini selesai, harus ada visi tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, dan dalam pandangan kami, ini harus menjadi solusi dua negara,” kata Biden.

Dorongan untuk solusi dua negara, yaitu Israel akan hidup berdampingan dengan negara Palestina yang merdeka, telah luput dari perhatian presiden AS dan diplomat Timur Tengah selama beberapa dekade. Hal ini telah dikesampingkan sejak upaya terakhir perundingan perdamaian yang dipimpin Amerika gagal pada tahun 2014 di tengah ketidaksepakatan mengenai pemukiman Israel, pembebasan tahanan Palestina dan isu-isu lainnya.

Upaya Pembentukan Negara Palestina Tidak Boleh Diabaiakan

Kenegaraan Palestina adalah sesuatu yang jarang dibahas Biden pada awal pemerintahannya. Selama kunjungannya ke Tepi Barat tahun lalu, Biden mengatakan “landasannya belum matang” untuk upaya-upaya baru untuk mencapai perdamaian permanen bahkan ketika ia menegaskan kembali kepada rakyat Palestina tentang dukungan lama AS terhadap pembentukan negara.

Kini, di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas dapat berkembang menjadi konflik regional yang lebih luas, Biden mulai menekankan bahwa setelah pemboman dan penembakan berhenti, upaya mewujudkan negara Palestina tidak boleh lagi diabaikan.

Hingga baru-baru ini, Biden lebih menekankan apa yang pemerintahannya anggap sebagai ambisi normalisasi hubungan antara Israel dan negara-negara Arab dibandingkan memulai kembali perundingan damai.

Bahkan penasihat keamanan nasionalnya, Jake Sullivan, dalam esai panjang yang ditulis sesaat sebelum serangan 7 Oktober dan menggambarkan upaya kebijakan luar negeri global Biden tidak menyebutkan tentang negara Palestina. Dalam versi terbaru esai Urusan Luar Negeri yang diposting online, Sullivan menulis bahwa pemerintah “berkomitmen pada solusi dua negara.” Para pejabat Gedung Putih juga mengatakan pembicaraan normalisasi selalu berisi usulan-usulan penting yang bermanfaat bagi Palestina.

Hambatan Mewujudkan Dua Negara

Banyak sekali hambatan yang menghalangi visi Biden pasca perang. Negara Palestina yang merdeka di Tepi Barat dan Gaza dipandang sebagai sebuah hal yang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sayap kanan Israel.

Otoritas Palestina yang tidak efektif mengendalikan sebagian wilayah Tepi Barat dan memiliki sedikit kredibilitas di mata masyarakat yang dipimpinnya. Sementara itu, pemilihan presiden AS yang akan datang dapat membuat Biden menjadi mediator yang kurang ideal pada tahun 2024.

Aaron David Miller, yang menjabat sebagai penasihat isu-isu Timur Tengah pada pemerintahan Demokrat dan Republik, mengatakan penekanan Biden baru-baru ini pada solusi dua negara adalah “pokok pembicaraan yang aspiratif.”

“Kemungkinannya sangat, sangat rendah,” katanya. “Ini pada dasarnya adalah misi yang mustahil.”

Namun, Biden dalam beberapa hari terakhir telah mengangkat masalah ini dalam percakapannya dengan rekan-rekan pemimpinnya. Biden dan Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sissi, selama panggilan telepon hari Minggu (29/10) membahas penetapan kondisi “untuk perdamaian yang tahan lama dan berkelanjutan di Timur Tengah termasuk pembentukan negara Palestina,” menurut Gedung Putih.

Seruan untuk solusi dua negara muncul pada hari Sabtu di pertemuan puncak Koalisi Yahudi Partai Republik di Las Vegas, di mana para calon presiden dari Partai Republik mengkritik kebijakan Biden mengenai Israel dan apa yang mereka lihat sebagai kegagalan Partai Demokrat dalam mengutuk antisemitisme di seluruh Amerika Serikat. Salah satu calon presiden, pengusaha bioteknologi Vivek Ramaswamy, mengatakan Israel harus bebas meninggalkan “mitos solusi dua negara.”

Gedung Putih menyadari bahwa seruan Biden untuk solusi dua negara bersifat ambisius dan mungkin tidak dapat dicapai dalam waktu dekat, menurut seorang pejabat Gedung Putih yang tidak berwenang untuk membahas pertimbangan internal secara terbuka dan berbicara tanpa menyebut nama.

Ada juga pengakuan bahwa pemerintahan Netanyahu, yang menghadapi reaksi publik karena gagal mencegah serangan Hamas, fokus pada operasinya melawan Hamas dan tidak terlalu mempertimbangkan pembicaraan Biden tentang negara Palestina.

Namun, Biden yakin penting bagi dia dan timnya untuk menyampaikan “harapan” dan memperjelas bahwa pemerintahannya mendukung negara Palestina, kata pejabat itu.

Dennis Ross, seorang negosiator dalam proses perdamaian di pemerintahan George H W Bush dan Bill Clinton, mengatakan penting untuk memulai perencanaan meskipun konflik saat ini belum terlihat akan berakhir.

“Anda tidak bisa kembali ke titik di mana Anda bisa mengabaikan Palestina sebagai sebuah isu,” kata Ross. “Ini bukannya tanpa harapan. Ketika Anda melampaui ini, itu bukannya tanpa harapan.”

Masa Depan Timur Tengah

Seruan baru untuk pembentukan negara Palestina juga muncul ketika kelompok-kelompok Palestina-Amerika, organisasi advokasi Muslim, dan beberapa anggota Partai Demokrat telah menyatakan rasa frustrasinya karena Biden terus menyatakan dukungan penuhnya untuk Israel pada saat jumlah korban jiwa warga Palestina meningkat dan krisis kemanusiaan di Gaza memburuk.

“Ini bukan tentang keyakinan seseorang,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby. “Ini tentang menemukan masa depan bagi Timur Tengah yang lebih kooperatif, lebih stabil, lebih aman, di mana Israel lebih terintegrasi ke dalam wilayah tersebut dan kami tidak menyerah.”

Masalah Jumlah Korban

Biden telah menyatakan keprihatinannya atas memburuknya kondisi warga sipil tak berdosa di Gaza. Namun desakannya bahwa ia tidak akan mendikte bagaimana pasukan Israel melakukan operasi mereka dapat mempersulit kemampuannya untuk mempertahankan kredibilitas sebagai perantara yang adil. Para pemimpin Muslim AS, pada pertemuan pribadi di Gedung Putih dengan Biden dan para pembantunya pekan lalu, mendesak presiden untuk menyerukan gencatan senjata.

Para peserta juga mengatakan kepada Biden bahwa sikap diamnya terhadap apa yang mereka anggap sebagai hukuman kolektif oleh Israel terhadap warga sipil Gaza yang tidak bersalah telah melemahkan posisinya di mata Arab-Amerika dan Muslim, termasuk di negara-negara yang dapat berdampak besar pada pemilu 2024.

Mereka juga menyatakan keprihatinan mereka kepada Biden atas pernyataannya bahwa dia “tidak percaya” pada jumlah kematian di Gaza karena dihitung oleh Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas. Kementerian mengatakan lebih dari 8.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak di bawah umur, tewas di Gaza. Lebih dari 1.400 orang tewas di pihak Israel, sebagian besar warga sipil yang tewas dalam serangan awal Hamas.

Rami Nashashibi, pendiri Inner City Muslim Action Network di Chicago dan salah satu peserta pertemuan tersebut, mengatakan bahwa dia mengatakan kepada Biden bahwa komentarnya tentang jumlah korban tewas di Gaza dianggap “tidak manusiawi.” Nashashibi menambahkan bahwa dia dan peserta lainnya mengatakan kepada presiden bahwa komentarnya sangat meresahkan karena Biden, sepanjang masa jabatannya, telah menunjukkan empati yang mendalam terhadap orang-orang yang menderita.

“Saya menyampaikan hal ini kepadanya secara langsung, dan orang lain di ruangan itu juga melakukannya dengan cara yang menurut saya didengar dan diakui,” kata Nashashibi.

Dorongan baru untuk membentuk negara bisa dianggap oleh Biden sebagai tanda komitmennya terhadap kedaulatan Palestina. Namun penanganannya terhadap gejolak Timur Tengah sudah mengancam prospek terpilihnya kembali pada tahun 2024, dan kemajuan apa pun yang dapat dicapai Biden menuju solusi dua negara kemungkinan memerlukan masa jabatan kedua.

Beberapa pejabat Partai Demokrat khawatir penanganan perang yang dilakukannya akan melemahkan posisi Biden dan partainya di mata para pemilih Arab-Amerika serta para pemilih muda yang menurut jajak pendapat mempunyai simpati yang lebih besar terhadap keprihatinan Palestina dibandingkan para pemilih partai yang lebih tua dan lebih berhaluan tengah.

Seorang pejabat senior Partai Demokrat Michigan mengatakan bahwa cara Biden menangani perang di negara bagian tersebut telah menjadi masalah yang “besar” dan bisa menjadi lebih menjengkelkan jika perang terus berlanjut dan jumlah korban tewas di Gaza terus meningkat. Pejabat itu berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas masalah sensitif partai.

Biden diperkirakan akan menghadapi persaingan yang ketat pada tahun 2024 di negara bagian itu bahkan sebelum perang. Dia memenangkan Michigan dengan selisih kurang dari tiga poin persentase pada tahun 2020, dan Donald Trump dari Partai Republik mengalahkan Hillary Clinton dari Partai Demokrat dengan selisih 0,3% pada tahun 2016. Lebih dari 300.000 orang keturunan Timur Tengah atau Afrika Utara tinggal di Michigan.

“Bahkan jika dia terluka hingga beberapa poin, dia sudah mempunyai persaingan yang sangat ketat,” kata jajak pendapat lama di Michigan, Bernie Porn. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home