Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:03 WIB | Rabu, 06 Desember 2023

Jokowi dan Warga Manggarai Barat, NTT, Tanam Pohon

Presiden Joko Widodo melaksanakan penanaman pohon bersama masyarakat dan pelajar di Embung Anak Munting, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa, 5 Desember 2023. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

MANGGARAI BARAT, SATUHARAPAN.COM-Menutup rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Manggarai Barat, Presiden Joko Widodo melaksanakan penanaman pohon bersama masyarakat dan pelajar di Embung Anak Munting, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada hari Selasa, 5 Desember 2023.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon tersebut sudah dilaksanakan secara bertahap di sejumlah daerah. Presiden menilai hal ini merupakan bentuk tindakan nyata Indonesia untuk menghadapi perubahan iklim yang terjadi.

“Memang kita ingin menggerakan penghijauan, penanaman pohon-pohon, agar berkaitan dengan perubahan iklim itu betul-betul kita nyata bertindak,” kata Presiden. Jenis tanaman yang ditanam bersama pada kesempatan tersebut sangat beragam, baik tanaman estetika ataupun non estetika.

“Tanaman yang ditanam juga tanaman yang banyak tanaman endemik, seperti tadi munting, bodhi, tabebuya, ada mulih, ada ketapang,” katanya.

Dikatakan, saat ini telah tersebar sejumlah pusat persemaian di Tanah Air yang mampu memproduksi bibit-bibit pohon. Presiden memberikan contoh seperti misalnya Persemaian Rumpin yang dapat memproduksi enam juta bibit, Persemaian Labuan Bajo lima juta bibit, Persemaian Mangrove Bali enam juta bibit, hingga Persemaian Mentawir 15 juta bibit.

“Tapi kan ini kalau sudah membuat bibitnya kan harus ditanam, terus, ditanam terus, sehingga betul-betul negara kita akan hijau, lebih hijau dan menjadi paru-paru dunia,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home