Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:45 WIB | Minggu, 30 Juli 2023

Jokowi dan Xi Jinping Komitmen Jaga Indo-Pasifik Damai dan Stabil

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden China, Xi Jinping, di Chengdu, pada Kamis, 27 Juli 2023. (Foto: BPMI Setpres)

CHENGDU, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo dan Presiden China, Xi Jinping, membahas berbagai isu strategis dan memperkuat kerja sama antara Indonesia dan China. Jokowi mengungkapkan apresiasi atas dukungan China terhadap Indonesia yang saat ini tengah memegang keketuaan ASEAN.

Kedua pemimpin menegaskan pentingnya menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil, dan sejahtera dengan mengedepankan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan Tiongkok untuk keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang inklusif untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil, dan sejahtera,” kata Jokowi dalam pengantarnya.

Selama pertemuan, beberapa isu kerja sama antara Indonesia dan China berhasil didiskusikan, termasuk penguatan perdagangan dan investasi, kerjasama dalam bidang kesehatan, dan juga kerja sama pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi mengapresiasi penyelesaian protokol impor beberapa produk antara kedua negara dan berharap adanya pembaruan dan peningkatan kuota impor untuk sarang burung walet serta produk laut Indonesia.

Dalam konteks pembangunan IKN, Presiden berharap China dapat terus menjadi mitra strategis, dan kerja sama dengan Otoritas IKN dan Pemerintah Kota Shenzen diharapkan dapat membantu perencanaan dan pengembangan IKN secara lebih baik.

Pertemuan bilateral ini juga membahas kerja sama di bidang riset dan teknologi, serta isu kawasan yang melibatkan kerjasama ASEAN-RRT dan dukungan Tiongkok terhadap kawasan Indo-Pasifik yang damai.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home