Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Rabu, 26 Oktober 2022

Jokowi Tinjau Kemajuan Pembangunan IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Selasa, 25 Oktober 2022, melalui jalur laut dengan menggunakan KRI Escolar - 871. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

IKN NUSANTARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Selasa, 25 Oktober 2022. Biasa dengan menelusuri jalur laut, menggunakan KRI Escolar – 871. Jarak dari Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan ke Pelabuhan Cita Sabut, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara ditempuh selama satu jam.

Dalam perjalanan tersebut, Presiden dan rombongan melintasi Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dan IKN Nusantara.

“Ini menelusuri jalur logistik untuk IKN,” kata Presiden. Turut mendampingi Presiden dalam perjalanan ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Presiden menyampaikan bahwa sejumlah progres infrastruktur seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta akses jalan telah berjalan dengan baik.

Land development untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan. Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik,” kata Presiden dalam keterangannya di Bendungan Sepaku Semoi.

Secara keseluruhan progres dapat terlihat pada bulan Januari mendatang. Presiden mengatakan bahwa progres pusat perekonomian baru juga akan terlihat, sehingga diharapkan pembangunan wilayah IKN Nusantara dapat terus berjalan dengan baik.

“Nanti bisa kita lihat di bulan Januari, kalau bukan hanya gedung-gedungnya pemerintah, tetapi private sector, sektor swasta, investor, PPP (public private partnership) sudah pada masuk dan mulai. Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak,” tutur Kepala Negara.

Presiden menyebut bahwa pelabuhan di wilayah tersebut nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik. “Sementara kita pakai dulu untuk logistik dan nantinya menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini, ini kan pelabuhan lama, ini akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik,” tuturnya.

Presiden optimistis upacara peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang dapat digelar di IKN N usantara. “Ya kalau kerjanya seperti ini saya kira insyaallah bisa, harus optimistis,” kata Presiden.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home